fbpx

WASPADA, KESALAHAN KECIL BERAKIBAT FATAL PESERTA CPNS

  • Bagikan
Proses registrasi hanyalah tahap awal dalam seleksi CPNS.

Registrasi peserta CPNS 2018 masih berlangsung hingga 10 Oktober mendatang. Bloranews.com, menghimpun sejumlah potensi kesalahan kecil yang dapat berujung kegagalan peserta CPNS 2018 mewujudkan impiannya menjadi abdi negara.

 

Proses registrasi hanyalah tahap awal dalam seleksi CPNS.

 

Berikutini, sejumlah kesalahan kecil yang dapat berakhir fatal untuk peserta CPNS 2018. Meliputi, kesalahan administrasi dan sikap mental yang tidak tepat.

a. Kecerobohan dalam mengisi data administrasi.

Saat mengisi data administrasi, ada beberapa format yang hanya boleh diisi satu kali dan tidak bisa diganti lagi.

b. Tanpa menghitung peluang, tergesa-gesa memilih instansi.

Tergesa-gesa dalam memilih instansi dapat berakibat fatal. Ada sejumlah instansi dengan peminat yang cukup banyak, sehingga peluang lolosnya menjadi semakin kecil. Cermat memilih instansi dan jabatan, dapat menyelamatkan karir peserta.

c. Meremehkan Tes Kemampuan Dasar

Keberhasilan dalam menghadapi Tes Kemampuan Dasar merupakan prioritas utama setelah berhasil mendapatkan Kartu Informasi Akun Sistem Seleksi CPNS Nasional 2018. Keberhasilan dalam tes ini sangat dipengaruhi dengan intensitas berlatih soal CAT.

d. Kurang latihan soal

Meski banyak tersedia secara online dan gratis, banyak peserta CPNS yang tidak berlatih soal CAT. Sehingga, saat dilaksanakan ujian CAT, peserta menjadi canggung dan gagap. Kecanggungan ini dapat berakhir dengan kegagalan dalam seleksi.

  • Bagikan