fbpx

WISATAWAN ASAL AMSTERDAM AKAN BAWA BARONGAN KE NEGERI BELANDA

  • Bagikan
Penampilan barongan dalam Anjangsana Kebudayaan International Gamelan Festival 2018 di kawasan Wisata Heritage Loko Tour Cepu, Rabu (15/08).

Cepu – Penampilan Barongan dalam Anjangsana Kebudayaan International Gamelan Festival (IGF) 2018 yang berlangsung di kawasan Wisata Heritage Loko Tour Cepu membuat para wisatawan terkesan. Bahkan, mereka berniat membawa pulang kesenian ini ke Eropa untuk dipelajari.

Kelompok Seni Gamelan Wido Sari Amsterdam, Belanda, terkesan dengan kesenian Barongan yang ditampilkan anak-anak ini. Tak hanya penari Barongan, gamelan pengiring pun dimainkan anak-anak.

 

Penampilan barongan dalam Anjangsana Kebudayaan International Gamelan Festival 2018 di kawasan Wisata Heritage Loko Tour Cepu, Rabu (15/08).

 

“Saya sebelumnya tahu, Barongan itu apa, namun baru kali ini menyaksikan secara langsung, bagus sekali,” ujar Ketua Kelompok Seni Gamelan Wido Sari Amsterdam, Elsje Plantema seperti dikutip Tribun, Rabu (15/08).

Menurut Elsje, Barongan merupakan kesenian rakyat yang sangat menarik. Dia berniat mengajarkan kesenian ini kepada rekan-rekannya sesama seniman di Negeri Belanda. Meski untuk itu, dia harus belajar banyak terlebih dahulu untuk mengenal kesenian ini.

“Namun, karena saat ini dasarnya saya belum ada, dan masih akan terus belajar, nanti akan saya bawa ke Amsterdam seni ini untuk dipelajari,” tekadnya.

Seperti diketahui, IGF 2018 dipusatkan di Solo. Kunjungan ke Blora merupakan salah satu rangkaian dalam agenda ini. Puluhan kelompok gamelan dari dalam negeri dan mancanegara mengikuti agenda bertajuk Homecoming (pulang kampung –terj) ini.

 

Reporter : Ika Mahmudah

banner 120x500
  • Bagikan