fbpx

BESOK, PUNCAK PERAYAAN HAUL MBAH ABDULLAH FAQIH PLUMBON NGAWEN

  • Bagikan
Tahlil Umum di Makam Mbah Abdullah Faqih Plumbon Ngawen, Jumat (06/10)

Ngawen – Perayaan puncak Haul Mbah Abdullah Faqih Plumbon Ngawen akan berlangsung besok (07/10) bertepatan dengan 17 Suro dalam kalender Jawa. Meskipun demikian, malam ini (06/10) kompleks makam Ulama sarat karomah dan penghafal Al Qur’an ini telah dipadati peziarah dari berbagai penjuru Blora.

 

Tahlil Umum di Makam Mbah Abdullah Faqih Plumbon Ngawen, Jumat (06/10)

 

Agenda malam ini di kompleks makam Mbah Abdullah Faqih Plumbon Ngawen adalah pembacaan Tahlil Umum yang dipimpin tokoh agama setempat seperti Kyai Ali Baengan dan Kyai Abdussalam. Banyak dari peziarah yang merupakan santri penghafal Al Qur’an dari sejumlah pesantren di Blora bahkan luar kota.

Sore tadi dilaksanakan Pengajian Muslimat NU sedangkan kemarin (05/10) digelar karnaval yang dimeriahkan penampilan Drum Band MI Nurul Huda Karangrowo, Desa Bandungrojo Ngawen. Besok, akan dilaksanakan pengajian umum dengan tausyiah dari KH Abdul Qoyyum Mansyur dari Lasem Rembang.

Kyai Miftah, Ketua NU Rayon Ngawen Selatan mengatakan Mbah Abdullah Faqih Plumbon merupakan keturunan Mbah Sambu Lasem yang berdakwah di kawasan Pipes Ngawen.

“Mbah Abdullah Faqih asalnya dari Sedan Karas Rembang, dan masih keturunan Mbah Sambu Lasem. Berdakwah di kawasan Pipes Ngawen dan santrinya bersal dari berbagai penjuru Blora. Beliau merupakan ulama penghafal Al Qur’an yang memiliki banyak keistimewaan,” jelas Kyai Miftah.

Kyai Miftah menambahkan, Haul Mbah Abdullah Faqih Plumbon menjadi berkat bagi banyak penjual jenang yang menjajakan dagangannya di lokasi. Hebatnya, dagangan para penjual jenang ini habis di lokasi dan tidak menyisakan sedikit pun untuk dibawa pulang.

“Berkah juga bagi para penjual, dagangan jenangnya pasti habis dan tidak tersisa. Kalau sampeyan tidak percaya, lihat saja besok,” tambah Kyai Miftah.

Reporter : Habibi

  • Bagikan