BUDAYA BLORA : BAHASA JAWA DIALEK BLORA

bahasa blora

Akhiran –leh menjadi ciri khusus bahasa Jawa dialek Blora

Blora- Bahasa Jawa menjadi salah satu bahasa yang digunakan oleh masyarakat Indonesia. Bahasa Jawa sendiri memiliki berbagai macam dialek. Beberapa diantaranya adalah Bahasa Jawa dialek Jawa-Timuran, Banyumasan dan dialek Blora.

Bahasa Jawa dialek Blora dituturkan di sebagian besar wilayah Kabupaten Blora. Memiliki ciri-ciri penggunaan akhiran –leh sebagai penegas di akhir kalimat. Keunikan bahasa Jawa dialek Blora membuatnya menjadi ciri khas bertutur masyarakat kota sate.

Penggunaan akhiran –leh, dapat dicontohkan dalam kalimat berikut, Iki piye, leh ? (artinya, ini bagaimana sih ?). Selain akhiran –leh, bahasa Jawa dialek Blora juga memiliki beragam kosa kata yang berbeda dengan bahasa Jawa dialek Surakarta maupun Jogjakarta. Beberapa diantaranya adalah kata ogak (artinya : tidak), anyep (artinya : dingin), lesu (artinya : lapar), engko (artinya : kelak, nanti) dan kata genjong (artinya : angkat).

Ciri lain dari bahasa Jawa dialek Blora adalah melafalkan suku kata terakhir –uh menjadi –oh. Misalnya dalam kata ngunduh dilafalkan ngundoh (artinya : menuai), kata sepuluh dilafalkan sepuloh (artinya : angka / bilangan sepuluh) dan kata butuh dilafalkan butoh (artinya : butuh).

Dalam bahasa Jawa dialek Blora, suku kata terakhir –ih dilafalkan menjadi -eh. Misalnya kata mulih dilafalkan muleh (artinya : pulang), kata sugih dilafalkan sugeh (artinya : kaya) dan getih dilafalkan geteh (artinya : darah).

Akhiran –mu yang menunjukkan kepemilikan (empunya) diganti dengan akhiran –em. Misalnya, kata omah-mu diganti menjadi omah-em (artinya : rumahmu), kata wedus-mu diganti menjadi wedus-em (artinya : kambingmu) dan bapakmu diganti dengan bapak-em (artinya : bapakmu).

Kekayaan budaya Blora berupa bahasa Jawa dialek Blora menjadi identitas daerah yang akan selalu dilestarikan oleh masyarakat Blora [.]

Editor              : Tim Litbang Bloranews.com * Dari berbagai sumber.

Foto                 : Tim Grafis Bloranews.com

 

Subscribe

Terima kasih telah membaca berita kami, Isi Kotak di Bawah untuk berlangganan newslatter kami.

No Responses

Comments are closed.