fbpx

KREASI TEPUNG PISANG ALA KUB SUMBER REJEKI

  • Bagikan
Tepung pisang produksi KUB Sumber Rejeki desa Jetis kecamatan Blora Foto : Bloranews

Blora- Tepung pisang merupakan inovasi terbaru KUB Sumber Rejeki. Bahan dasarnya adalah pisang raja yang belum matang. Pisang raja dipilih sebagai bahan dasar pembuatan tepung pisang karena rasanya yang khas. Tidak begitu sulit mendapatkan pisang raja yang masih muda di Blora.
Cara pembuatan tepung pisang ini tidak jauh berbeda dengan pembuatan tepung-tepung lain. Pisang raja yang belum matang ini dikupas dan dicuci bersih kemudian diiris tipis-tipis. Irisan pisang raja ini kemudian direndam selama dua belas jam untuk menghilangkan rasa pahit yang berasal dari getahnya.
Setelah direndam selama dua belas jam, irisan pisang raja ini kemudian dikeringkan dibawah terik matahari. Dimusim penghujan, pengeringan dapat menggunakan oven. Pisang raja yang telah kering ini kemudian digiling (jawa : diselep) sehingga menjadi tepung pisang.
Bu Semiyati, koordinator KUB Sumber Rejeki yang juga merupakan penggagas tepung pisang menjelaskan kepada Bloranews.com serba-serbi produk barunya ini.
“ Tepung pisang dapat menjadi bahan penunjang untuk membuat tempe goreng, ubi goreng ataupun makanan kecil lainnya. Satu cengkeh (sisir) pisang raja dapat menghasilkan 3 sampai 5 ons tepung pisang “ tuturnya.
Sayangnya, KUB Sumber Rejeki belum memasarkan tepung pisang ini secara luas. Terbatasnya stok pisang raja yang masih mentah membuat produksi teppung pisang belum berjalan maksimal. “Semoga kedepan produk uji coba ini dapat diterima pasar kita, mas.” Harapnya [.]
Reporter : Khoirunniam

  • Bagikan