fbpx

PAGI DI BLOK T : PUSAT SENI DAN KULINER DENGAN SENTUHAN ALAMI

  • Bagikan
Blok T blora
Gerbang MMasuk Blok T

Kota ( 17/02/2016 ) menikmati suasana pagi di Blora dapat menjadi pengalaman yang menarik bagi anda yang baru pertama kali mengunjungi kota sate ini. Hiruk – pikuk kendaraan berlalu lalang di jalan – jalan kota. Para pedagang bubur ayam yang menjajakan kuliner pagi ini akan dengan ramah melayani anda. Sebagai kota utama di Kabupaten Blora, masyarakat Kecamatan Kota menghentakkan denyut kehidupan kota yang mulai terbangun dari lelapnya malam.

 

Blok T blora
Gerbang Masuk Blok T

 

Jika anda hendak mengawali aktivitas pagi anda, mualialah dengan melakukan olahraga pagi di Blok T. Terletak tidak jauh dari alun – alun Blora, sekitar satu kilometer ke arah timur. Di pusat seni dan kuliner ini, pagi hari merupakan waktu yang tepat untuk menghidupkan kembali mood anda. Anda dapat ber – jogging mengelilingi kompleks seluas hampir dua hektar ini.

Sebagai pusat seni dan kuliner di Kabupaten Blora, Blok T dilengkapi dengan banyak fasilitas yang membuat anda merasa betah berlama – lama di tempat ini. Pada pintu gerbang Blok T terdapat gapura besar dan bertuliskan “ Pusat Oleh – Oleh dan Jajanan Blora “ , seolah menyapa para pengunjung Blok T.

Guna mempermudah aktivitas belanja anda, di Blok T terdapat mesin ATM yang beroperasi dua puluh empat jam. Tidak jauh dari Anjungan Tunai Mandiri tersebut terdapat Pos Penjagaan Keamanan untuk memastikan kenyamanan pengunjung. Blok T memiliki tempat parkir yang cukup untuk menampung ratusan kendaraan bermotor. Selain itu, terdapat fasilitas – fasilitas penunjang seperti musola dan kamar mandi. Kebersihan dan kerapian di tempat ini pun selalu dijaga, sehingga citra kota tidak terawat seolah menguap begitu saja.

 

Fasilitas di Blok T
Mesin ATM Bagian dari Fasilitas yang di sediakan

 

Bicara mengenai kuliner, Blok T adalah jagoannya. Di tempat ini terdapat tiga pilihan kuliner. Pertama adalah kuliner jenis angkringan. Para penggemar kuliner angkringan biasanya adalah para kawula muda yang memiliki selera yang serba praktis. Lokasi angkringan terletak di dekat pintu gerbang Blok T. Beragam jenis sajian khas angkringan pun disediakan. Mulai dari sajian serba bakar ( sate jerohan, sate telur dan gorengan bakar ) sampai sajian khas berupa Nasi Kucing. Sajian yang sangat ditemani segelas teh hangat atau secangkir kopi.

Pilihan kedua adalah menu rumahan dengan racikan bumbu yang istimewa. Menu rumahan di Blok T merupakan menu kelas berat, maksudnya sajian yang dihidangkan memiliki karbohidrat dan kalori yang berat. Bagi para remaja yang sedang menjalani diet, berjalan – jalan di area ini akan menimbulkan godaan yang cukup berat.

 

Kul;iner Blok T
Salah satu Stan kuliner yang tersedia di Blok T

 

Kuliner rumahan tertata rapi di area sebelah utara Blok T. Sajian yang ditawarkan antara lain Nasi Pecel Blora dan pasangannya, Kerupuk Gendar. Nasi Campur, Soto Kelethuk, Nasi Asem – Asem dan Lontong Sayur. Tidak ketinggalan Rujak Pecel dan Nasi Sayur Lodeh.

Salah satu kios kuliner rumahan di Blok T adalah warung makan Bu Dharsono. Di warung ini anda akan terpesona dengan keramahan sang penjual, Bapak Sudharsono ( 65 ). Sekalipun telah lanjut usia, dengan cekatan pak Dharsono melayani pelanggan warung makan ini. Beragam menu pun disediakan untuk para pelanggan.

 

Stan kuliner blok T blora
Deretan Stan kuliner yang menyediakan berbagai jajanan

 

“ Pelanggan warung ini, beberapa telah menjadi orang besar ( pejabat pemerintahan ), sampeyan tau pak Yudi ( RM Yudhi Sancoyo / Anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah ) sering memesan makanan di sini.Pak Yudi suka tempe goreng buatan saya, gurih dan renyah, bumbunya dibuat istri saya sendiri “ tutur pak Dharsono kepada reporter Bloranews.com

“ Pak Kus ( HM. Kusnanto ) pun kerap mengunjungi warung sederhana ini. Saat jam – jam istirahat makan siang, banyak para karyawan kantor yang makan di tempat ini “ lanjutnya

 

panggung Blok T
Panggung Hiburan yang di sedia kan Oleh pengelola Blok T

 

Untuk menu sarapan, Pak Dharsono menyediakan nasi pecel dengan beragam lauk sebagai menu utama. Selain nasi pecel, tersedia juga nasi campur dengan bumbu yang menggoyang lidah. Aziza ( 15 ) dan Devi ( 15 ) biasa sarapan pagi di warung ini. Dua pelajar SMA Negeri 1 Blora ini, dengan lahap menghabiskan menu pagi mereka. “ Nasi Pecel di sini rasanya enak, dan tempenya juga gurih ” jelas Aziza

Sebelum pulang, penting bagi anda untuk berbelanja oleh – oleh untuk keluarga. Di Blok T terdapat banyak pilihan oleh – oleh dan jajanan. Kios penjual oleh – oleh dan jajanan berjajar rapi di sebelah barat kompleks Blok T. Pastikan anda telah membawa catatan daftar belanja, karena anda akan tergoda dengan ragam jajanan di tempat ini. Di sini disediakan jajanan – jajanan khas seperti Keripik Pisang Byar dan Eggroll Waluh.

 

musholla blok T
Musholla, salah satu fasilitas yang tersedia di blok T

 

Selain menyediakan banyak pilihan kuliner dan jajanan, di Blok T juga terdapat banyak kerajian tangan khas Blora ( handycraft ) dan bermacam benda – benda seni dari komoditas utama Kabupaten Blora, Kayu Jati. Untuk memuaskan para pecinta musik, pada malam hari seringkali digelar pentas musik yang diselenggarakan oleh Blora Music Community ( BMC ). BMC memiliki studio musik dengan peralatan yang lengkap di antara kios kuliner rumahan.

Berbagai fasilitas di Blok T tersebut dipersembahkan pemerintah Kabupaten Blora kepada para pecinta kuliner, seni dan budaya. Belum lengkap perjalanan anda ke Blora jika belum mengunjungi Blok T. Selamat berwisata.

Reporter          : Mulgiyanto Alvano

Fotografer        : Az Zulfa

banner 120x500
  • Bagikan