fbpx

SERU-SERUAN DI MAKRAB II KAMABA SOLO

Peserta Makrab II Kamaba Solo di Air Terjun Jumok Kabupaten Karanganyar, Minggu (26/11)

Surakarta – Kamaba (Keluarga Mahasiswa Blora) Solo kembali menggelar Makrab. Makrab kali kedua ini digelar di kawasan Candi Sukuh Ngargoyoso Kabupaten Karanganyar selama dua hari, Sabtu – Minggu (25-26/11).

 

Peserta Makrab II Kamaba Solo di Air Terjun Jumok Kabupaten Karanganyar, Minggu (26/11)

 

Ketua Panitia Makrab II Kamaba Solo Farida mengatakan pada acara itu tidak diisi dengan banyak materi dalam ruangan, sebagian besar acaranya diisi dengan kegiatan jelajah dan seru-seruan. Menurutnya, desain acara semacam ini lebih mengena, karena tujuan akrab adalah saling mengenal satu sama lain.

“Karena tujuan makrab adalah saling mengenal, jadi materinya sedikit aja. Makrab II kemarin diikuti 25 mahasiswa yang sedang studi di Solo dan sekitarnya. Mulai dari IAIN Surakarta, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Universitas Negeri Sebelas Maret sampai STIMIK Sinus,” ucap Farida, Selasa (28/11).

Farida menambahkan, selain diikuti mahasiswa dari Surakarta, Makrab II Kamaba Solo juga dihadiri para mahasiswa dari Kamaba Yogyakarta, Impara Semarang dan Kamara Salatiga.

Dalam dua hari, peserta Makrab diajak berdiskusi tentang jejak langkah Kamaba dari masa ke masa oleh para mahasiswa senior. Keesokan harinya, dilanjutkan dengan penjelajahan di kawasan Candi Sukuh, melakukan outbond dan bermain air di kawasan Air Terjun Jumok.

Di Air Terjun Jumok, tak hanya mahasiswa semester muda yang ber- wefie ria, mahasiswa senior tampaknya juga menolak terlihat tua.

“Kita mengangkat tema Merajut Keharmonisan dalam Bingkai Kamaba Solo. Sepenuhnya kita sadar, tak banyak mahasiswa yang mau mengurusi organisasi non profit seperti Kamaba, maka kita mengkonsepnya sesuai dengan irama mahasiswa yang sedikit nakal, tapi tetap intelektual,” komentar Ketua Kamaba Solo Ahmad Sholikin.

Meski didominasi acara seru-seruan, Sholikin memastikan akan ada follow up setelah agenda tersebut, berupa agenda ilmiah maupun agenda bertema ke-Blora-an.

Penulis : Tim Informasi dan Jaringan Kamaba Solo