SURONAN DI BLORA

Bulan suro

Pembagian air jamasan pusaka dari keluarga RM. Yudhi Sancoyo dan RA. Manik Hapsari kepada warga masyarakat

Blora – Menurut penanggalan jawa, tanggal 1 Suro 1950 tahun Jawa jatuh pada senin legi malam selasa pahing (03.10.2016). Perhitungan ini didasarkan pada sistem kalender Jawa yang menghitung hari baru pada saat tenggelamnya matahari. Di berbagai tempat, malam tadi diselenggarakan tirakatan untuk menyambut tahun baru Jawa ini.

Tradisi tirakatan dalam rangka menyambut 1 Suro 1950 tahun Jawa ini juga diselenggarakan di kediaman Bupati Blora ke-26, Raden Mas Yudhi Sancoyo di jalan Tentara Pelajar kelurahan Kunden Blora. Sejak menjelang maghrib, kediaman Bupati Blora tahun 2008-2010 tersebut telah ramai dengan datangnya banyak tamu dari penjuru pelosok kampung di Blora.

Menurut Raden Mas Hanindyo Andri Haskoro, putra sulung Pak Yudhi (sapaan akrab RM. Yudhi Sancoyo dan RA. Manik Hapsari), tradisi tirakatan tersebit telah dilaksanakan selama ratusan tahun. “Tradisi tirakatan 1 Suro ini telah dilaksanakan selama ratusan tahun. Yang hadir ini, tidak hanya warga Blora tetapi juga rombongan dari Kudus, Pati, Rembang dan Grobogan. Menjelang malam nanti yang hadir akan semakin banyak” jelasnya.

Tirakatan diawali dengan pembacaan tahlil dan doa oleh tokoh agama kelurahan Kunden. Setelah pembacaan tahlil dan doa, dilanjutkan dengan makan bersama. Daun-daun jati yang telah dipersiapkan sebagai alas makan dibagi sesuai dengan jumlah warga yang hadir. Sebelum itu, kain mori (kain kafan) dan seuntai bunga sebagai penutup gentong nasi menjadi rebutan warga.

Setelah makan bersama, dilanjutkan dengan melekan (tidak tidur) sampai tengah malam. Selama melekan, para rombongan dari luar kota tetap setia menunggu pembagian air jamasan pusaka yang dilakukan lepas tengah malam. Mereka berharap, air jamasan pusaka dan beberapa benda yang telah didoakan tersebut dapat menjadi perantara meningkatnya hasil pertanian dan perdagangan mereka [.]

Reporter          : Joko Priyanto

Foto                 : Az Zulfa

Subscribe

Terima kasih telah membaca berita kami, Isi Kotak di Bawah untuk berlangganan newslatter kami.

No Responses

Comments are closed.