fbpx

13 FAKTA KECAMATAN BANJAREJO

  • Bagikan
foto Makam pangeran lang lang yudo banjarejo
foto : Makam Pangeran Langlang Yudho, Lurah pertama desa Banjarejo
foto Makam pangeran lang lang yudo banjarejo
foto : Makam Pangeran Langlang Yudho, Lurah pertama desa Banjarejo

Banjarejo- Kecamatan Banjarejo berada di tengah-tengah kabupaten Blora. Seperti halnya di kecamatan lain di kabupaten Blora, sebagian besar masyarakat Banjarejo bekerja sebagai petani. Kultur agraris masyarakat Banjarejo ini mempengaruhi kelestarian budaya yang ada di masyarakat setempat. Sejumlah peninggalan sejarah di Banjarejo masih terjaga hingga kini. Berikut ini 13 fakta tentang kecamatan Banjarejo yang berhasil dihimpun Bloranews.com.

  1. Menurut tradisi tutur yang ada di Banjarejo, Lurah pertama Banjarejo adalah Pangeran Langlang Yudho.
  2. Pangeran Langlang Yudho merupakan Lurah yang memiliki keberanian menumpas pemberontakan yang ada di wilayahnya.
  3. Pangeran Langlang Yudho memiliki tiga peparab (nama julukan) yaitu Pangeran Rayungkusumo, Pangeran Cokrokusumo dan Pangeran Sosrokusumo.
  4. Pangeran Langlang Yudho dimakamkan di pemakaman umum tidak jauh dari kantor kecamatan Banjarejo.
  5. Di dukuh Karangpace desa Klopoduwur terdapat Kampung Samin, sesepuhnya bernama Mbah Lasiyo. Mbah Lasiyo merupakan keturunan dari Mbah Engkrek, sang Surosamin.
  6. Di dukuh Wadas desa Mojowetan terdapat petilasan Sumurpitu. Situs ini dipercaya merupakan peninggalan Ki Ageng Pengging yang hidup pada masa kerajaan Pajang.
  7. Di desa Jatisari terdapat air terjun Kedungmansur, terletak di tengah-tengah hutan dan memiliki panorama alam yang indah.
  8. Di kawasan yang sama (Jatisari-Banjarejo) terdapat pohon jati raksasa, masyarakat setempat menyebutnya Jati Denok. Diperkirakan usia pohon jati ini adalah tiga setengah abad.
  9. Secara geografis kecamatan Banjarejo dikelilingi oleh kecamatan-kecamatan lain di Blora yang meliputi Kecamatan Ngawen, kecamatan Tunjungan, kecamatan Blora, kecamatan Jepon dan kecamatan Randublatung.
  10. Secara keseluruhan luas kecamatan Banjarejo adalah 103,52 kilometer persegi.
  11. Jumlah penduduk kecamatan Banjarejo adalah 58.157 jiwa (2014). Terdapat 20 desa di kecamatan Ngawen, desa terluas adalah desa Banjarejo (13,31 kilometer persegi) sedangkan desa tersempit adalah desa Balongrejo (1,35 kilometer persegi).
  12. Komoditas pertanian kecamatan Banjarejo untuk tanaman pangan adalah padi dan jagung, pisang merupakan komoditas buah kecamatan Banjarejo sedangkan sayuran yang banyak dihasilkan kecamatan ini adalah cabai.
  13. kuliner khas kecamatan Banjarejo adalah tape diproduksi secara massal di dukuh Sugihan desa Mojowetan [.]

Editor        : Sahal Mamur

Foto           : Tim Grafis Bloranews.com

*Dirangkum dari berbagai sumber.

BACA JUGA :

14 FAKTA TENTANG KECAMATAN RANDUBLATUNG

12 FAKTA KECAMATAN JATI

16 FAKTA KECAMATAN KEDUNGTUBAN

13 FAKTA KECAMATAN BANJAREJO

14 FAKTA KECAMATAN JAPAH

13 FAKTA KECAMATAN KRADENAN

11 FAKTA KECAMATAN JIKEN

11 FAKTA KECAMATAN BLORA

banner 120x500
  • Bagikan