fbpx

AWAS! WASPADA PENYAKIT MULUT DAN KUKU PADA HEWAN

Empat daerah di Jawa Tengah telah terdeteksi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan. Tepatnya di daerah Boyolali, Rembang, Banjarnegara dan Wonosobo. Hal itu dijelaskan Ganjar saat meninjau hasil bantuan paket ternak sapi di Kelompok Tani-Ternak Guyub Rukun, Desa Sumanding, Kecamatan Kembang, Kabupaten Jepara, Kamis (12/5).
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Semarang, BLORANEWS – Empat daerah di Jawa Tengah telah terdeteksi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan. Tepatnya di daerah Boyolali, Rembang, Banjarnegara dan Wonosobo. Hal itu dijelaskan Ganjar saat meninjau hasil bantuan paket ternak sapi di Kelompok Tani-Ternak Guyub Rukun, Desa Sumanding, Kecamatan Kembang, Kabupaten Jepara, Kamis (12/5).

“Sudah ada empat kabupaten yang kita deteksi. Kita sudah pastikan dengan kawan-kawan di Dinas Peternakan termasuk dokter hewan. Ini bisa diobati, jadi tidak usah panik,” terang Gubernur Ganjar.

Sebagai langkah antisipatif, Pemprov Jateng telah menyiapkan tim khusus untuk menangani penyakit tersebut. Termasuk penyediaan tempat karantina hewan sebagai upaya penanganan.

“Jadi ini karantina hewan sehingga kita bisa kasih treatment. Kawan-kawan sekarang saya minta lagi ke lapangan. Semua siapkan antisipasi kecuali nanti jadi pandemi besar tindakan kita akan lebih lagi,” tambahnya.

Selain itu, Ganjar juga telah komunikasi dengan pihak Kapolda untuk memperketat masuknya hewan dari daerah lain. Khusunya di daerah perbatasan.

“Maka betul di daerah perbatasan harus kita lakukan kontrol ketat,” tegasnya. (Kin). 

Verified by MonsterInsights