fbpx

DIJAMIN SEHAT, DAGING KURBAN DI BLORA AMAN DIKONSUMSI

Momen Hari Raya Idul Kurban tahun ini menjadi berbeda lantaran diselimuti wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak. Hal itu membuat pemerintah setempat melakukan cek kesehatan terlebih dahulu untuk memastikan kondisi hewan kurban dalam keadaan sehat.
Ilustrasi.

Blora, BLORANEWS – Momen Hari Raya Idul Kurban tahun ini menjadi berbeda lantaran diselimuti wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak. Hal itu membuat pemerintah setempat melakukan cek kesehatan terlebih dahulu untuk memastikan kondisi hewan kurban dalam keadaan sehat.

Untuk Kabupaten Blora, kondisi hewan kurban dipastikan dalam keadaan sehat dan dagingnya aman dikonsumsi. Hal itu diterangkan langsung Kepala Dinas Pangan, Pertanian, Peternakan, dan Perikanan (DP4) Blora, Gundala Wejasena.

“Kondisi hewan sehat dan daging kurban dijamin aman dikonsumsi,” jelasnya, Minggu (10/7/2022).

Gundala menjelaskan, pihaknya telah melakukan pemeriksaan kesehatan pada hewan kurban. Baik sebelum maupun sesudah disembelih.

“Tim kami, termasuk dokter hewan telah melakukan pemeriksaan secara intensif baik sebelum dan sesudah disembelih. Kita sudah menerjunkan petugas di lapangan untuk memeriksa sapi kurban,” ungkapnya.

Kepala DP4 Blora itu menjamin, khusus untuk hewan kurban dipastikan dalam keadaan sehat. Sebab, tim petugas telah melakukan pemeriksaan secara ketat.

“Jadi kami melakukan pemeriksaan fisik luar hewan sebelum dipotong (antemortem) dan pemeriksaan bagian dalam hewan sesudah dipotong (postmortem),’’ pungkasnya. (Kin).