HUT BALIKPAPAN KE- 123 JADI AJANG PROMOSI BUDAYA BLORA DI PULAU BORNEO

Balikpapan, Kalimantan Timur- Hari jadi kota Balikpapan ke- 123 menjadi ajang promosi budaya khas Blora di tanah rantau. Sejumlah komunitas warga asal Blora ikut meramaikan hari jadi kota yang terletak di Provinsi Kalimantan Timur tersebut.

 

Warga Blora ikut ambil bagian dalam HUT Kota Balikpapan ke- 123

Warga Blora ikut ambil bagian dalam HUT Kota Balikpapan ke- 123

 

Dalam acara yang berlangsung kemarin, Senin (10/02) di Lapangan Merdeka Balikpapan tersebut, salah satu warga Blora, Pandu Nusantara, dipercaya sebagai panitia. Menurut Pandu, banyak komunitas warga Blora yang ikut ambil bagian dalam even budaya tersebut.

Komunitas-komunitas tersebut, tergabung dalam satu paguyuban besar yang bernama Paguyuban Warga Asal Blora (PWAB). Diantaranya, Pagusura (Paguyuban Warga Desa Purworejo Blora), Sabaran (Sadulur Blora Rantauan), Arisan Keluarga Bangsri, dan masih banyak lagi.

Pandu menambahkan, dalam kesempatan tersebut dilaksanakan prosesi upacara yang dipimpin Gubernur Kalimantan Timur, Isran Noor. Ragam budaya yang ditampilkan dalam acara tersebut merupakan salah satu cara pelestarian budaya Nusantara.

“Bapak Gubernur berpesan agar terus melestarikan budaya Nusantara yang ada di Balikpapan. Apalagi, kota ini merupakan kota utama penyangga ibukota negara yang baru. Dengan demikian, kebhinekaan kita akan terus terjaga,” katanya.

Dalam parade budaya, banyak warga asal Blora yang mengenakan pakaian khas kota mustika, Baju Samin Sikep. Warga asal Blora juga mengikuti resepsi yang berlangsung malam harinya, dengan agenda makan bersama dengan 123 buah tumpeng dan menikmati hiburan penyanyi dangdut papan atas, Nella Kharisma. (jyk)

Subscribe

Terima kasih telah membaca berita kami, Isi Kotak di Bawah untuk berlangganan newslatter kami.

No Responses

Tinggalkan Balasan