fbpx

INI POTENSI DESA WISATA SUMBERBULU PILIHAN KEMENPAREKRAF

INI POTENSI DESA WISATA SUMBERBULU PILIHAN KEMENPAREKRAF

Karanganyar – Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI memilih Desa Wisata Sumberbulu masuk 50 besar ajang Anugrah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021.

Sumberbulu berada di Desa Pendem Kecamatan Mojogedang Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Dirintis sejak 2017 mulai dari pendataan, pemetaan, dan pengembangan. Hingga saat ini sudah ada tiga paket wisata tersajikan.

Manager Desa Wisata Sumberbulu, Titin Riyadiningsih memaparkan bahwa Desa Wisata Sumberbulu mengusung konsep memberdayakan masyarakat sekitar baik dari kalangan karang taruna, petani dan pelaku UMKM.

“Di sini tidak punya potensi wisata alamnya, hanya ada pertanian dan sendang (mata air). Jadi, konsep yang kita bawa adalah pemberdayaan masyarakat,” paparnya.

Sumberbulu experience terdapat wisata edukasi berupa pertanian organik, biogas, kerajinan, cooking class dan pembuatan jamu tradisional. Paket Sumberbulu adventure etnic berisi kesenian seperti lesung, reog dan tari. Serta ada paket Sumberbulu adventure journey dan outbound serta training.

Titin menambahkan bahwa di sini terdapat 48 homestay dan area camping ground 1,5 hektare, beberapa sumber mata air seperti sendang pancuran dan sendang bulu. Desa Wisata Sumberbulu juga ada kegiatan budaya digelar rutin dalam bentuk festival tahunan.

“Desa Wisata Sumberbulu tidak ada objek wisata, Objeknya adalah masyarakat. Kearifan lokal, kegotong-royongan, keramahtamahan masyarakat dan ilmu pengetahuan yang ditawarkan ke khalayak luar,” imbuhnya.

Pembina Sanggar Tari Anak Negeri Desa Wisata Sumberbulu, Christin menjelaskan potensi desa wisata salah satu pengembangannya melalui sumber daya manusia seperti seni tari dan kesenian lainnya.

“Sanggar tari ini sudah menguasai empat tari kreasi, salah satunya tari tampah. Biasanya kita pentaskan untuk menyambut wisatawan atau meramaikan festival tahunan,” ucapnya.

Diinformasikan, ada 6 desa wisata di Jateng masuk 50 besar dalam ajang ADWI Kemenparekraf RI. Yakni Desa Wisata Dieng Kulon Kabupaten Banjarnegara, Desa Wisata Sangiran Kabupaten Sragen.

Desa Wisata Pandanrejo Kabupaten Purowerjo, Desa Wisata Cikakak Kabupaten Banyumas, dan Desa Wisata Sumberbulu Kabupaten Karanganyar. (Jml)