fbpx

JATENG ANTISIPASI KEKERINGAN MUSIM KEMARAU 2024

Sekretaris Daerah Provinsi Jateng, Sumarno
Sekretaris Daerah Provinsi Jateng, Sumarno

Semarang, BLORANEWS.COM – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Pemprov Jateng) mulai bersiap menghadapi musim kemarau tahun 2024. Potensi kekeringan di beberapa daerah menjadi fokus utama antisipasi.

Sekretaris Daerah Provinsi Jateng, Sumarno, mengatakan bahwa Pemprov Jateng telah berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten/kota untuk memastikan kebutuhan air terpenuhi selama musim kemarau. Hal ini berdasarkan prediksi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) bahwa beberapa wilayah di Jateng akan memasuki musim kemarau pada Mei 2024.

“Kita sudah koordinasi dengan pemerintah kabupaten/kota dalam upaya memenuhi kebutuhan air di musim kemarau,” ujar Sumarno usai menghadiri rapat paripurna DPRD Jateng di Gedung Berlian, Semarang, Senin (6/5/2024).

Kekeringan di musim kemarau dapat berdampak pada ketersediaan air bersih dan pola tanam di sektor pertanian. Meskipun demikian, Sumarno optimistis bahwa target produksi pangan Jateng akan tetap tercapai, terutama dengan peran Jateng sebagai penumpu pangan nasional.

“Ini menjadi pekerjaan rumah kita bersama, terlebih Jateng menjadi penopang pangan nasional. Sehingga semua harus benar-benar menyiapkan untuk menjaga produksi pangan kita,” ujarnya.

Sumarno juga menampung masukan dari para petani terkait distribusi pupuk, waktu tanam, dan lain sebagainya. Ia memastikan bahwa alokasi pupuk dari pemerintah pusat untuk Jateng telah diterima dan didistribusikan.

“Alhamdulilah dari pusat sudah ada alokasi pupuk untuk Jateng dan sudah kita tindaklanjuti alokasinya,” jelasnya. (kin)