fbpx

JELANG IMPLEK, GANJAR CEK KLENTENG TERTUA DI INDONESIA

JELANG IMPLEK, GANJAR CEK KLENTENG TERTUO DI INDONESIA
Ganjar Pranowo menegecek persiapan Implek di Kelenteng Tien Kok Sie, yang terletak di Pasar Gedhe Surakarta

Solo – Jelang Implek Ganjar Pranowo menyempatkan diri mampir ke Kelenteng Tien Kok Sie, yang terletak di Pasar Gedhe Surakarta, Minggu (30/1). Kedatangannya untuk memastikan persiapan pelaksanaan Imlek pada lusa berjalan baik dan sesuai protokol kesehatan.

“Saya lagi di kelenteng di Solo yang diperkirakan paling tua di Indonesia, kelenteng yang katanya dibangun tahun 1745-1748, sejarahnya dulu tanahnya dikasih Keraton Solo dan dibangun bareng dengan Keraton Kasunanan. Ini cukup tua,” katanya di depan  Sejumlah pengurus kelenteng dan beberapa umat Tri Dharma yang menyambutnya.

Sebab itu, kelenteng tersebut sering menjadi jujugan umat Tri Dharma saat perayaan Imlek.

“Dan ternyata untuk perayaan Imlek besok sudah disiapkan dengan prokes yang bagus. Jumlah jamaahnya dibatasi dan diatur ketat. Tahun lalu bahkan nggak ada perayaan, tapi untuk besok boleh namun terbatas. Dukungan dan kesadaran masyarakat seperti ini patut diapresiasi. Mudah-mudahan pelaksanaan Imlek besok berjalan lancar,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Yayasan Kelenteng Tien Kok Sie, Sumantri Dana Waluya mengatakan, persiapan pelaksanaan Imlek besok  sama dengan persiapan Imlek tahun-tahun sebelumnya.

“Tapi kita besok melaksaksanakan kegiatan dengan prokes yang sangat ketat. Karena kita tidak mau kalau di kelenteng ini ada masalah,” katanya.

Pengunjung dibatasi  Hanya sekitar 10-15 persen dari jamaah saja yang boleh beribadah ke kelenteng.

“Nanti kita juga ada penjaga di depan pintu masuk, memastikan pengunjung tidak masuk kalau di dalam sudah penuh,” imbuhnya.

Sumantri yakin pelaksanaan Imlek bisa dilakukan dengan prokes ketat. Selain umat Tri Dharma yang sudah memiliki kesadaran tinggi, cara beribadah umat Tridharma juga berbeda dengan umat lainnya.

“Kalau di kami itu kan ibadahnya individual, jadi bisa diatur,” pungkasnya. (jay)