fbpx

KAPOLSEK RANDUBLATUNG PANTAU PELIPATAN SURAT SUARA PILKADES

Randublatung – Menjelang pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak yang akan dilaksanakan pada tanggal 29 Juli 2017 mendatang, Polsek Randublatung tengah mengamankan surat suara untuk Pilkades di Desa Gembyungan, Kecamatan Randublatung, Blora.

Pengamanan pelipatan surat suara tersebut dipimpin langsung oleh Kapolsek AKP Selamet Riyanto, untuk menghindari terjadinya kesalah pahaman diantara semua calon Kepala Desa (Cakades) Desa Gembuyungan, sehingga peluang terjadinya gesekan antara calon satu dengan yang lain dapat diminimalisir.

 

Demi menciptakan suasana yang kondusif sambungnya, Polsek Randublatung juga akan diberikan anggota tambahan dari Polres Blora, untuk mengisi dan ditempatkan di masing-masing Tempat Pemunguntan Suara (TPS) pada saat hari “H” pencoblosan dan penghitungan suara.

 

“Berdasarkan perintah Kapolres Blora AKBP Saptono kepada Kapolsek agar selalu monitoring dan penggalangan. Tempatkan personil Polsek dan TNI (koramil) serta libatkan Linmas untuk pengamanan surat suara yang disimpan dibalai desa guna mencegah terjadinya tindak kecurangan dan tetap menjaga netralitas,” ujar AKP Selamet Riyanto, saat di konfirmasi awak media, Selasa (25/7/2017).

Di Kecamatan Randublatung desa yang melakukan Pilkades, Desa Gembuyungan dan Desa Bekutuk. Monitoring itu dilakukan agar ajang demokrasi pemilihan pemimpin desa ini bisa berjalan sesuai harapan.

“Jadi Pilkades ini merupakan ajang demokrasi. Bukan untuk mencari permusuhan antara pendukung yang satu dengan yang lain,” pesan Kapolsek.

Demi menciptakan suasana yang kondusif sambungnya, Polsek Randublatung juga akan diberikan anggota tambahan dari Polres Blora, untuk mengisi dan ditempatkan di masing-masing Tempat Pemunguntan Suara (TPS) pada saat hari “H” pencoblosan dan penghitungan suara.

Hal tersebut untuk memastikan bahwa jumlah surat suara harus sesuai dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan cadangan surat suara harus sesuai dengan ketentuan yang ada.

“Ini merupakan perintah Pimpinan untuk memantau dan mengawasi terhadap desa yang melaksanakan pilihan kepala desa pada setiap tahapan,” jelasnya.

Dalam kegiatan ini Kapolsek pun menyampaikan himbauan kepada panitia Pilkades Desa Gembuyungan, agar setiap tahapan pilkades sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang ada. Serta sikap netralitas dari panitia harus benar – benar dijaga.

Ia berharap, “dalam pilkades situasi di wilayah Randublatung dan desa yang melaksanakannya tetap tercipta situasi yang aman sehingga warga masyarakat dalam melakukan aktivitas dengan tenang dan nyaman,” pungkasnya.

Reporter : Ngatono