fbpx

KOTA BLORA : CITRA KOTA BUDAYA YANG SELALU MEMPERBAIKI DIRI

  • Bagikan
blora kota bloranews

( 23/02/2016 ) Kota Blora atau Kecamatan Blora Kota merupakan pusat administrasi dan pemerintahan di Kabupaten Blora. Di tempat ini, berdiri gedung – gedung dan kantor pemerintahan Kabupaten Blora. Sebagai kabupaten yang sedang berkembang menuju kabupaten modern, Kota Blora dipersiapkan menjadi Ibu Kota yang memenuhi standar kelayakan sebagai pusat Kabupaten Blora. Dalam rangka memenuhi kebutuhan pelayanan publik, Pemerintah Kabupaten Blora menempatkan hampir semua kantor dinas di pusat kota ini. Saat ini Kecamatan Blora dipimpin oleh Drs. Kunto Aji.

 

peta kecamatan blora

 

Kebutuhan – kebutuhan masyarakat dalam sisi administratif seperti pelayanan administrasi pencatatan sipil, pelayanan kesehatan, pelayanan konsultasi pendidikan dan keluhan publik dapat dengan mudah diakses di kantor – kantor pemerintah. Sehingga, masyarakat Kabupaten Blora merasa nyaman dengan segala kemudahan ini.

Selain memaksimalkan performa pemerintahan dan pelayanan publik dasar, Kota Blora juga dilengkapi dengan disediakannya pusat kerajinan tangan dan oleh – oleh khas karya pengrajin dan pengusaha Kota Sate. Kerajinan Gembol Akar Pohon Jati, Kerajinan Ukir Kayu Jati, Batik Khas Blora aneka motif dan sajian kuliner dapat dengan mudah diperoleh di Kota Blora.

 

koleksi batik blora
Koleksi Batik Mustika art Galery Blora

 

Fasilitas pelayanan kesehatan dan Unit Gawat darurat tersedia di dua Rumah Sakit Utama di Kota Blora. Rumah Sakit Umum dr. Soetijono di Jalan dr. Soetomo nomor 42 Kota Blora dan Rumah Sakit Permata di Jalan Reksodiputro 57 Kota Blora. Fasilitas penunjang kesehatan di Kota Blora disediakan untuk memenuhi kebutuhan – kebutuhan medis yang tidak mendesak, belasan apotek beroperasi dan melayani dalam 24 Jam. Untuk mengantisipasi kebutuhan darah dan pertolongan pertama pada kecelakaan, di pusat kota Blora beroperasi PMI ( Palang Merah Indonesia ) Blora. Selain melayani kegiatan transfusi darah, PMI juga memiliki ambulance untuk keperluan darurat. Kantor PMI Blora beralamat di Jalan GOR nomor 1 Kota Blora.

 

RSU BLORA

 

Kepada para pengunjung kota Blora yang merencanakan untuk berjalan – jalan sehari penuh dan menginap di malam hari, di Kota Blora terdapat hotel – hotel dan penginapan. Beberapa hotel yang nyaman di Blora diantaranya, Hotel Kencana di Jalan Pemuda no 59 Blora Kota, Hotel Almadina di Jalan Alun – alun barat nomor 1 Blora, Hotel Santoso di Jalan Pemuda nomor 79 Blora Kota dan Hotel Adi Jaya di Jalan Agil Kusumodyo nomor 50 – 52 Blora Kota.

Melengkapi jalan – jalan di Blora, disarankan untuk menikmati sajian di restoran – restoran dan rumah makan terkemuka di Kota Blora. Beberapa retoran terkemuka di Blora antara lain Rumah Makan Gajah, Sate Ayam Blora Pak Teguh, Bakso Kumis dan Restoran Lombok Ijo. Rumah Makan Gajah terletak di Jalan Pemuda nomor 1 Kota Blora, Rumah Makan Sate Ayam Pak Teguh di Jalan Pemuda nomor 25 Blora Kota, Bakso Kumis di Jalan Jenderal Ahmad Yani nomor 3 Blora Kota, sedangkan Rumah Makan Lombok Ijo terletak di Jalan Gunung Lawu nomor 23 Blora Kota.

 

panggung Blok T
Panggung Hiburan yang di sedia kan Oleh pengelola Blok T

 

Sebagai miniatur wajah Kabupaten Blora, di Kota Blora terdapat pusat hiburan, kuliner dan kerajinan rakyat. Blok T ( Eks Terminal Lama Blora ) didirikan untuk menjadi pusat kegiatan budaya dan hiburan rakyat. Selain tempat pentas budaya dan hiburan, di Blok T juga tersedia kios – kios yang menjual berbagai cindera mata khas Blora.

Berkunjung ke Kota Blora dapat menjadi referensi para penikmat hiburan dan belanja di Jawa Tengah. Sebagai kota yang selalu berkembang, Kota Blora menjadi indikator perubahan Kabupaten Blora menjadi Kabupaten yang modern dan menjunjung tinggi kebudayaan dan kearifan lokal Jawa. Kota Blora, dalam perjalanannya menceritakan bahwa Kabupaten Blora merupakan Kabupaten Modern dan Berbudaya.

Editor              : Joko Priyanto

banner 120x500
  • Bagikan