fbpx

LARI BARENG GANJAR DI BANK JATENG FRIENDSHIP RUN 2023

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Jakarta, BLORANEWS – Taman Lapangan Banteng Jakarta mendadak ramai, Minggu (21/5/2023) pagi. 1200 pelari dari Jakarta dan sekitarnya tumplek blek di kawasan itu untuk mengikuti Bank Jateng Friendship Run.

Mereka tampak begitu antusias mengikuti ajang pemanasan menuju Borobudur Marathon 2023. Apalagi, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo beserta istri, Siti Atikoh ikut menjadi peserta dalam event itu.

Sejak pukul 05.00 WIB, para pelari dari berbagai komunitas sudah berada di lokasi. Tak hanya mengenakan kostum lari, ada beberapa pelari yang mengenakan kostum unik. Misalnya seragam pilot, pakaian adat, cosplay tokoh kartun dan lainnya.

“Sengaja pakai kostum ini, sekalian mengenalkan pakaian adat Dayak ke masyarakat luas. Jadi, sambil lari sekalian promosi adat budaya nusantara,” kata Sansan (35) seorang peserta yang tampil mengenakan pakaian adat Dayak.

Ganjar pun melepas langsung ribuan peserta lari Bank Jateng Friendship Run. Setelah mengibarkan bendera start, Ganjar pun juga ikut lari sejauh 5 km itu.

“Seru sekali bisa lari bersama teman-teman runners di Jakarta ini. Antusias mereka luar biasa di event pemanasan jelang Borobudur Marathon ini,” kata Ganjar usai finish.

Bank Jateng Friendship Run Jakarta merupakan bagian dari promosi event Borobudur Marathon. Tak hanya di Jakarta, event itu akan digelar di beberapa kota besar lainnya. Di antaranya Bandung, Makassar, Denpasar, Medan, Palembang, Jogja dan kota-kota besar lain di Indonesia.

“Harapan kami, akan semakin banyak pelari yang ikut dalam Borobudur Marathon. Ya meskipun saya sering diprotes para pelari, karena mereka tidak dapat ballot tiketnya. Nah ajang Bank Jateng Friendship Run ini menjadi pengobat lara teman-teman yang tidak dapat tiket di Borobudur Marathon,” jelasnya.

Ganjar menuturkan, event Borobudur Marathon memang diminati banyak pelari. Tak hanya di Indonesia, namun event lari terbaik di Indonesia ini juga diminati para pelari mancanegara.

“Semoga dengan event ini, orang semakin senang berolahraga, makin banyak teman dan bahagia hatinya. Selain itu, event ini kami harapkan juga bisa memunculkan atlet-atlet berptestasi dan olahraga kita semakin maju,” jelasnya.

Borobudur Marathon 2023 akan digelar pada November mendatang. Ganjar mengatakan akan ikut berpartisipasi dalam ajang itu. Pada perhelatan Borobudur Marathon 2022, Ganjar berpartisipasi pada kategori half marathon dan menjadi finisher di bawah batas akhir waktu.

“Saya pasti ikut, event kemarin saya berhasil finish di half marathon dan catatan waktu saya sebelum cut of time (COT),” pungkasnya disambut tepuk tangan para pelari.

Sementara itu, ribuan runners Jakarta dan sekitarnya begitu antusias mengikuti Bank Jateng Run di Jakarta. Mereka tak menyangka, bisa berlari dengan Ganjar dan istri.

“Pak Ganjar gokil, ternyata pelari. Dia kuat lho lari dari awal sampai finish tadi. Apalagi Bu Atikoh, keren banget mereka berdua. The best lah Pak Ganjar dan Ibu,” kata Erin, seorang runners dari Skolari.

Erin mengaku sangat bahagia bisa ikut dalam ajang ini. Meski dirinya belum pasti bisa ikut di ajang Borobudur Marathon, minimal ia sudah bisa berpartisipasi dalam event Bank Jateng Friendship Run.

“Inginnya sih ikut di Borobudur Marathon, tapi belum tahu dapat tiket apa nggak. Tapi event kali ini keren, sudah ngerasa seperti race beneran di Borobudur. Kalau dapat tiket pasti ikut,” jelasnya.

Hal senada disampaikan Budi, kapten Bogor Runners. Ia mengatakan, event Bank Jateng Friendship Run sangat keren dan berhasil menarik minat para pelari di Jakarta dan sekitarnya.

“Keren banget acaranya, gokil. Ini pemanasan ya menuju Borobudur Marathon. Kami dari Bogor Runners siap ikut Borobudur Marathon. Karena bagi kami, Borobudur Marathon itu event lari terbaik di Indonesia,” ucapnya. (KJ)