fbpx

MELIHAT LEBIH DEKAT JALAN SALIB DI GOA MARIA SENDANGHARJO

  • Bagikan
MELIHAT LEBIH DEKAT JALAN SALIB DI GOA MARIA SENDANGHARJO
Altar Bunda Maria

Blora- Masyarakat Kabupaten Blora tentu tidak asing dengan tempat wisata religi Goa Maria Sendangharjo yang  berada di Dusun Polaman Desa Sendangharjo, Blora. Masyarakat Blora mungkin lebih familiar dengan sebutan Wisma Rehabilitasi Sosial Katolik (Wireskat).

 

MELIHAT LEBIH DEKAT JALAN SALIB DI GOA MARIA SENDANGHARJO
Yesus diturunkan dari kayu salib.

 

Wireskat merupakan kata kerja dalam bahasa latin, virescat yang berarti menghijaukan kembali. Pilihan kata ini seolah menunjukkan semangat Wireskat yaitu menjadikan penghuninya sehat lagi sembuh. Seperti kita ketahui warga Wireskat sendiri merupakan dari eks penderita kusta.

Namun di sini kita ingin melihat lebih dekat wisata religi di Goa Maria Sendangharjo. Ketika kita memasuki lokasi kita akan langsung ditunjukkan jalan salib. Di situ kita bisa melihat langsung perjalanan salib yang dialami oleh Sang Juru Kunci sekaligus menghayati kesengsaraan yang ditanggung Yesus dalam menebus dosa.

Ada  14 pemberhentian jalan salib yang  pertama adalah Yesus dihukum mati, Yesus memanggul salib, Yesus jatuh pertama kali, Yesus berjumpa dengan bunda maria, Simon C. Memanggul salib yesus, Veronica membasuh wajah yesus, Yesus jatuh yang kedua kalinya.

Selanjutnya pemberhentian kedelapan Yesus menasihati wanita yerusalem, Yesus jatuh ketiga kalinya, Pakaian yesus ditanggalkan, Yesus dipaku di kayu salib, Yesus wafat di kayu salib, Yesus diturunkan dari kayu salib, dan terakhir Yesus dimakamkan.

Selain jalan salib, juga terdapat altar tempat berdoa. Bagi jemaat yang ingin berdoa khusus kepada Bunda Maria dapat mengikuti kebaktian yang biasa dilakukan pada malam Jum’at Kliwon malam. Namun karena masih dalam masa pandemi Covid-19 untuk sementara ditiadakan. (Jyk)

banner 120x500
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

error: Konten dilindungi!!