fbpx

MELIHAT LEBIH DEKAT USAHA DUNAK BANYUASIN

  • Bagikan
dunak
Mbah Lasiyem (75), menganyam belahan bambu untuk dijadikan Dunak. Foto : Bloranews

Jepon – Dunak adalah bakul berukuran besar yang terbuat dari belahan-belahan bambu. Di pedesaan, Dunak biasa digunakan sebagai tempat bahan makanan mentah seperti ubi dan sayur mayur. Ketika panen padi, Dunak biasa digunakan sebagai tempat gabah.

dunak
Mbah Lasiyem (75), menganyam belahan bambu untuk dijadikan Dunak. Foto : Bloranews

Tidak banyak pengrajin Dunak di Blora dewasa ini. Namun, penduduk dusun Banyuasin desa Semanggi Jepon masih setia menekuni usaha kerajinan anyaman bambu ini. Dusun Banyuasin terletak di kawasan hutan berbatasan dengan kecamatan Banjarejo dan kecamatan Randublatung. Sebagian besar penduduk dusun Banyuasin bekerja sebagai petani persil (petani yang menggarap lahan milik Perhutani).

Mbah Lasiyem adalah salah seorang pengrajin Dunak yang tinggal di dusun Banyuasin. Selain membuat Dunak, Mbah Lasiyem juga membuat anting (berbentuk seperti dunak namun ukurannya lebih kecil). Dengan membuat Dunak dan kerajinan bambu lainnya, Mbah Lasiyem mampu menghidupi lima anaknya. Kelima anak Mbah Lasiyem semuanya telah berkeluarga.

“Saya membuat Dunak sudah sejak usia 10 tahun. Dunak dibuat dari belahan-belahan bambu Apus (nama jenis bambu), harus bambu yang tua. Dalam satu bulan bisa mengasilkan 30 buah Dunak” jelas Mbah Lasiyem.

Mbah Lasiyem telah menekuni kerajinan Dunak selama hampir 65 tahun. Saat panen padi menjadi saat yang dinantikan Mbah Lasiyem. Pasalnya, Dunak sebagai tempat gabah laku keras ketika musim panen padi tiba [.]

Reporter : Jack Priyanto

banner 120x500
  • Bagikan