fbpx

SEJUMLAH TAMAN DI BLORA BAKAL DIPERCANTIK

Taman Bangkle Blora.

Blora, BLORANEWS – Sejumlah taman di Kabupaten Blora bakal dipermak agar terlihat lebih cantik dan indah. Wacana itu linear dengan tujuan Pemkab Blora yang ingin membidik Penghargaan Adipura Kencana.

Dijelaskan Bupati Blora Arief Rohma, untuk menyabet Penghargaan Adipura Kencana tidaklah mudah. Ada beberapa hal yang harus dipersiapkan. Salah satunya menata Ruang Terbuka Hijau (RTH) dengan merevitalisasi taman-taman yang ada di Blora.

“Coba ini mengefektifkan yang sudah ada taman-tamannya. Seperti Taman Bangkle, kita tata lagi ruang terbuka hijau untuk masyarakat. Termasuk Lapangan Golf nanti salah satunya untuk ruang terbuka hijau yang lebih luas lagi,” jelasnya.

Menurut Bupati yang akrab disapa Gus Arief itu, untuk mendapatkan Adipura Kencana harus mampu menyelesaikan berbagai isu lingkungan. Diantaranya pengelolaan sampah, pengendalian pencemaran serta penataan Ruang Terbuka Hijau (RTH).

Kemudian, harus mampu juga membuat sistem pengendalian dampak perubahan iklim, pemanfaatan energi baru terbarukan, serta penurunan ketimpangan ekonomi dan sosial berbasis pengelolaan lingkungan hidup dan sumber daya alam.

Lebih jauh, Arief menyebut bahwa kriteria lain untuk bisa menggondol Anugerah Adipura Kencana ialah, sebuah kabupaten/kota yang dinominasikan sudah meraih penghargaan Adipura minimal tiga kali berturut-turut.

“Target kita Adipura Kencana, setelah tiga kali baru nanti kita bisa mendapatkan penghargaan Adipura Kencana itu,” jelasnya.

Untuk diketahui, Anugerah Adipura Kencana ialah penghargaan tertinggi dari program adipura bagi kabupaten/kota, yang mampu menunjukkan kinerja pengelolaan lingkungan hidup yang inovatif dan berkelanjutan.

Blora sendiri telah menerima Anugerah Adipura sebanyak dua kali. Yakni pada kategori kota kecil terbersih. Didapat pada tahun 2022, serta tahun 2023 yang diserahkan pada tahun 2024 ini. (Dj)

Verified by MonsterInsights