fbpx

SEMARAK TUJUBELASAN KOMUNITAS TEMBANG KENANGAN BLORA

Blora, Bloranews.com – Semarak memeriahkan Hari Ulang Tahun ke-78 Republik Indonesia digelar Komunitas Tembang Kenangan Blora, Jawa Tengah, Sabtu, (12/8/2023) siang.

Nuansa merah putih menjadi kostum dominan bagi peserta yang hadir serta tampil di panggung yang ditata apik di ruang pertemuan kawasan Taman Sarbini Blora. Mereka membawakan lagu perjuangan dan lagu kenangan.

“Acara ini dalam rangka mangayubagyo peringatan Ulang Tahun ke-78 Republik Indonesia,” kata Ketua Komunitas Tembang Kenangan Blora, Endang Setyowati.

“Ini ada beberapa kelompok, masing-masing kelompok tampil dengan dua buah lagu. Yaitu lagi perjuangan dan lagu kenangan, ini nanti ada 13 kelompok. Kalau anggotanya ini lebih kurang ada 112,” jelasnya.

Melalui acara itu, diharapkan menggugah semangat, khususnya para generasi muda untuk mencintai Indonesia, karena ada generasi muda yang tidak tahu khususnya lagu kebangsaan yang diciptakan komponis atau seniman musik yang bisa menggugah semangat nasional, cinta tanah air.

“Yang penting, bagi kami, khususnya lanjut usia kekeh mencintai produk dalam negeri, lagu kebangsaan, lagu yang asli Indonesia, terutama tembang kenangan. Kita uri-uri, karena generasi sekarang banyak yang tidak tahu lagu-lagu lawas itu seperti apa, namun itu yang kami terus gaungkan,” tambah Endang didampingi pengurus lainnya. 

Dalam kesempatan itu, salah satu mantan pejabat Pemkab Blora yang juga seorang penyanyi, Adi Purwanto, menyampaikan, suasananya tepat untuk diadakan kegiatan semacam itu.

“Ini untuk menyemarakkan HUT ke-78 RI, dan para peserta ini juga menyanyikan lagu-lagu perjuangan, jadi momennya pas sekali, salud kepada panitia,” kata Adi Purwanto. 

Dikatakannya, tentu suasana seperti itu hendaklah juga disadari, diketahui dan dimeriahkan oleh kaum milenial.

“Karena ini juga miliknya para kaum milenial,”ucapnya.     

Acara itu juga dihadiri anggota DPRD Provinsi Jateng, H. Abu Nafi, Plt. Kepala Dinporabudpar Blora Iwan Setiyarso, Kabid Kebudayaan Dinporabudpar Setyo Pujiono. 

Sementara apresiasi juga disampaikan Plt. Kepala Dinporabudpar Blora Iwan Setiyarso. Menurutnya selain menggunggah semangat kebangsaan dan cinta tanah air juga sebagai momen silaturahmi serta refleksi dalam semarak HUT ke-78 RI di Kabupaten Blora. 

Di acara itu secara aklamasi Endang Setyowati didaulat sebagai Presiden Komunitas Tembang Kenangan Kabupaten Blora. (Tgh).

 

Verified by MonsterInsights