fbpx

SETARA COFFE AND BOOK SEDIA KURSUS BARISTA

Suasana malam di Kedai Setara Cofee and Book.
Suasana malam di Kedai Setara Cofee and Book.

Blora, BLORANEWS – Kedai Setara Coffe and Book berada di area Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kabupaten Blora menyediakan kursus bagi orang yang ingin belajar barista. Bersertifikasi nasional uji kompetensi dari Barista Indonesia (BI).

Pada acara diskusi “Aku, Kopi dan Kamu” yang membedah sejarah kopi Blora dan budaya yang terbentuk, Kepala SKB Blora, Jumini mengatakan SKB Blora sudah ada ekstra kulikuler barista. Diharapkan ketika lulus memiliki keterampilan dan bisa membuka usaha.

BACA JUGA :  SEJARAH BLORA TERKENAL PENGHASIL KOPI DI JAWA

“Alhamdulillah pelatihan barista banyak yang sudah kerja di kafe-kafe dengan sertifikat barista. Kami menjadi tempat uji kompetensi barista satu-satunya di Blora dan sekitarnya. Pati, Rembang, Grobogan tidak ada. Tempat uji kompetensi barista ada di SKB Blora,” terangnya, Sabtu (17/9) malam di area SKB Blora.

SKB ini memiliki tiga instruktur barista, menerima ketika ada yang bekerja sama. Jumini mengaku kedai Setara Coffe and Book yang berada di area SKB Blora berangkat dari Pendidikan Kewirausahaan. Sudah tiga kali menyelenggarakan pelatihan.

BACA JUGA :  KOPI BLORA

“Bagi yang teruji barista di sini nanti sertifikatnya dari Barista Indonesia. Bisa dipakai bekerja sampai ke luar negeri. Sekarang banyak permintaan dari Turki yang mengharuskan mempunyai sertifikat uji kompetensi dari Barista Indonesia,” paparnya.

Sementara itu, Instruktur Barista, Agung Ariyanto juga sebagai staf di SKB Blora dan pengelola Setara Coffe and Book menambahkan, di SKB selain ada kursus barista sebulan dua kali juga menyediakan kursus kilat. Kursus kilat biasanya dilakukan saat car free day.

BACA JUGA :  HARI KOPI SEDUNIA, BEDAH SEJARAH KOPI BLORA

“SKB menyediakan kursus barista. Kita arahnya life skill, bagaimana murid-murid kita paket B/C juga bisa memiliki ketrampilan dalam bidang barista. Bisa dipakai untuk bekerja di cafe-cafe maupun usaha mandiri,” ucapnya. (Jam).