fbpx

13 FAKTA KECAMATAN TODANAN

  • Bagikan
kecamatan todanan
Goa Kidang di desa Tinapan Todanan merupakan salah satu situs prasejarah di Blora
kecamatan todanan
Goa Kidang di desa Tinapan Todanan merupakan salah satu situs prasejarah di Blora

Todanan – Peradaban di Blora dimulai jauh sebelum kabupaten ini bernama. Salah satu kunci untuk membuka sejarah peradaban Blora terletak di desa Tinapan kecamatan Todanan, situs Goa Kidang. Hasil penelitian dari balai arkeologi Jogjakarta menunjukkan bahwa di situs ini terdapat “makam” manusia goa yang dibuat pada jaman Holocen sekitar sembilan ribu tahun silam. Selain menjadi kota purbakala di masa lalu, kecamatan Todanan juga memiliki banyak destinasi wisata yang terlalu indah untuk dilewatkan. Berikut ini 13 fakta kecamatan Todanan yang berhasil dihimpun Bloranews.com

  1. Goa Kidang terletak di desa Tinapan kecamatan Todanan, tidak jauh dari lokasi pabrik gula Gendis Multi Manis.
  2. Manusia Goa Kidang diperkirakan berusia sembilan ribu tahun, salah satu lembaga penelitian yang mengkaji Manusia Goa Kidang adalah Balai Arkeologi Jogjakarta.
  3. Di desa Tinapan juga terdapat Waduk Bentolo. Masyarakat Todanan menyandarkan kebutuhan air pertanian dari waduk ini.
  4. Di desa Kedungwungu terdapat dua obyek wisata dengan panorama yang indah, Goa Terawang dan Danau Banyubiru.
  5. Goa Terawang merupakan goa majemuk (terdiri atas beberapa goa), memiliki lintasan lorong-lorong goa dan menjadi tempat tinggal bagi berbagai jenis satwa liar.
  6. Banyubiru merupakan danau dengan air yang sangat jernih, masyarakat setempat juga menyebut danau Banyubiru dengan nama Kedungkelir.
  7. Di desa Ngumbul terdapat bukit yang bernama Manggir. Lintasan pendakian yang terjal dengan ketinggian sedang membuat pendakian manggir sangat cocok untuk pendaki pemula.
  8. Selain memiliki potensi wisata yang melimpah, Todanan juga memiliki olahragawan yang mengharumkan nama daerah.
  9. Sukirno “Bagong” dan Suranto adalah dua pemain ini Persikaba Blora. Putra Ukir dan Perseto merupakan wahana pelatihan sepak bola di kecamatan Todanan.
  10. Secara geografis kecamatan Todanan berbatasan dengan kabupaten Pati di sebelah utara. Di sebelah timur berbatasan dengan kecamatan Japah dan Ngawen.
  11. Di sebelah selatan berbatasan dengan kecamatan Kunduran dan Kabupaten Grobogan sedangkan di sebelah barat berbatasan dengan kabupaten Grobogan.
  12. Luas kecamatan Todanan adalah 128,74 kilometer persegi dengan jumlah penduduk sebanyak 57.951 jiwa (2014).
  13. Kecamatan Todanan terdiri atas 25 desa. Desa terluas adalah desa Bedingin (12,16 kilometer persegi) sedangkan desa tersempit adalah desa Gunungan (1,37 kilometer persegi).

Editor        : Sahal Mamur

Foto           : Az Zulfa

*Dari berbagai sumber.

banner 120x500
  • Bagikan