fbpx

15 FAKTA KECAMATAN SAMBONG

  • Bagikan
Kilang Minyak di desa ledok kecamatan sambong kab. Blora
foto : Di perut bumi desa Ledok kecamatan Sambong tersimpan kekayaan minyak bumi Kabupaten Blora

Sambong- Salah satu potensi kekayaan alam kabupaten Blora adalah minyak bumi. Salah satu lumbung minyak bumi Blora terletak di wilayah kecamatan Sambong. Menurut catatan sejarah, lapangan eksplorasi desa Ledok kecamatan sambong adalah ladang minyak tertua yang ada di kabupaten Blora. Berikut ini 15 fakta tentang kecamatan Sambong yang berhasil dihimpun Bloranews.com.

Kilang Minyak di desa ledok kecamatan sambong kab. Blora
foto : Di perut bumi desa Ledok kecamatan Sambong tersimpan kekayaan minyak bumi Kabupaten Blora
  1. Pelopor eksplorasi minyak bumi di ladang minyak desa Ledok kecamatan Sambong adalah Adriaan Stoop, seorang warga negara kerajaan Belanda.
  2. Kegiatan eksplorasi minyak bumi dimulai sejak tahun 1886, Adriaan Stoop mengunjungi desa Sambong pada tahun 1910.
  3. Setelah ditemukan sumber minyak bumi di desa Ledok Sambong, Dorstche Petroleum Maatschapij, perusahaan minyak kerajaan Belanda menjadi sponsor utama Adriaan Stoop dalam kegiatan eksplorasi minyak bumi.
  4. Tidak lama kemudian, dua perusahaan asing lainnya mulai menancapkan pengraruhnya di Blora. Dua perusahaan tersebut adalah Royal Dutch Shell dan Standard Oil.
  5. Di desa Ledok terdapat sumur minyak yang dipercaya merupakan peninggalan dari Eyang Jati Kusumo, sumur ini bernama Sumur Magung.
  6. Di konsesi minyak ledok dilaksanakan penambangan minyak dengan dua cara. Penambangan modern dengan menggunakan pompa angguk dan penambangan tradisional dengan menggunakan alat sederhana.
  7. Sumur-sumur minyak yang ada di konsesi minyak Ledok berjumlah ratusan sumur yang tersebar di banyak titik.
  8. Di kawasan yang sama terdapat pemandian Kedungpupur. Komunitas pecinta alam memilih Kedungpupur sebagai tempat untuk berkemah dan menyelenggarakan berbagai kegiatan ke- pecinta alam –an.
  9. Di kawasan Kedungpupur terdapat Watu Pleset yang kerap menjadi tempat untuk berfoto karena keindahannya.
  10. Kecamatan Sambong terdiri atas 10 desa. Desa terluas adalah desa Sambongrejo (21,84 kilometer persegi) dan desa tersempit adalah desa Biting (2,29 kilometer persegi).
  11. Kecamatan Sambong memiliki luas wilayah 88,75 kilometer persegi dengan penduduk sebanyak 25.389 jiwa (2014).
  12. Kecamatan Sambong berbatasan dengan kecamatan Jiken disebelah utara. Disebelah timur berbatasan dengan kabupaten Bojonegoro Provinsi Jawa Timur.
  13. Di sebelah selatan berbatasan dengan kecamatan Cepu dan Kedungtuban, sedangkan di sebelah barat berbatasan dengan kecamatan Jepon.
  14. Sebagian besar masyarakat Sambong bekerja sebagai petani. Komoditas utama kecamatan Sambong adalah Jagung dan Padi. Di sektor pertanian buah kecamatan Sambong menghasilkan Mangga, Pisang, Nangka dan Jeruk Siam. Di sektor pertanian sayuran kecamatan Sambong menghasilkan Cabai Merah, Kacang panjang dan Tomat.
  15. Di sektor perkebunan kecamatan Sambong menghasilkan Tebu, Kelapa dan Tembakau dan di sektor peternakan kecamatan Sambong menghasilkan Sapi dan Unggas.

Editor        : Sahal Mamur

Foto           : Tim Grafis Bloranews.com

*Dihimpun dari berbagai sumber.

BACA JUGA :

14 FAKTA TENTANG KECAMATAN RANDUBLATUNG

12 FAKTA KECAMATAN JATI

16 FAKTA KECAMATAN KEDUNGTUBAN

13 FAKTA KECAMATAN BANJAREJO

14 FAKTA KECAMATAN JAPAH

13 FAKTA KECAMATAN KRADENAN

11 FAKTA KECAMATAN JIKEN

11 FAKTA KECAMATAN BLORA

banner 120x500
  • Bagikan