fbpx

BERBURU JAMUR DI HUTAN JATI BLORA

  • Bagikan
BERBURU JAMUR DI HUTAN JATI BLORA
Jamur barat.

Blora- Musim hujan menjadi berkah tersendiri bagi warga yang tinggal di sekitar hutan jati di wilayah Kabupaten Blora. Pasalnya tiap musim penghujan tiba banyak sekali tumbuh jamur liar yang dapat dimanfaatkan untuk meraup pundi-pundi rupiah.

 

BERBURU JAMUR DI HUTAN JATI BLORA
Jamur barat.

 

Seperti yang dilakukan Warga Dukuh Kejalen Desa Sambong Kecamatan Sambong Kabupaten Blora,  Aris (30). Dirinya sering memanfaatkan waktu luangnya untuk berburu jamur liar di hutan.

“Yang paling banyak biasana jenis jamur Lunjuk dan jamur Barat mas,” katanya. Minggu (31/01).

Tak membutuhkan waktu lama. Sekitar satu jam atau dua jam saja dirinya sudah mengumpulkan berbagai jenis jamur liar yang ada di kawasan hutan jati Blora.

“Biasanya paling sedikit saya mendapatkan satu sak karung sembako yang 10 kg dan kalau lagi beruntung bisa mencapai satu sak karung urea,” tandasnya.

Menurutnya, dari hasil tersebut ia jual dan sebagian ia masak bersama keluarganya. Kadang  juga digunakan makan-makan bersama teman-temanya.

“Karena mendapatkan banyak biasanya tidak saya makan sendiri mas, kebanyakan dijual. Saya bungkus per kresek plastik kecil dengan harga antara Rp 15 sampai Rp 20 ribu,” pungkasnya. (Jyk)

  • Bagikan