17 DESA MISKIN AKAN DAPATKAN PROGRAM “BEKERJA”

Blora- Sebanyak 17 desa miskin di 9 kecamatan se- Kabupaten Blora akan segera menerima bantuan program pengentasan kemiskinan Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera (Bekerja). Program ini berasal dari Kementerian Pertanian, melalui Balai Besar Veteriner Wates, Senin (20/05).

 

Bupati Blora Djoko Nugroho

 

Tujuh belas desa miskin yang akan menerima program “Bekerja” ini meliputi, Kecamatan Todanan (Desa Ketileng, Kedungwungu, dan Ngumbul), Kecamatan Banjarejo (Desa Sidomulyo), dan Kecamatan Kradenan (Desa Sumber, Getas, dan Mendenrejo).

Selanjutnya, Kecamatan Kedungtuban (Desa Wado), Kecamatan Jati (Desa gabusan, dan Bangkleyan), Kecamatan Kunduran (Desa Botoreco, dan Tawangrejo), Kecamatan Japah (Desa Kalinanas, dan Pengkolrejo), serta Kecamatan Ngawen (Desa Gedebeg, dan Kedungsatriyan).

Kepala Balai Besar Veteriner Wates, Bagoes Poermadjaja menyampaikan, program “Bekerja” berupa pengembangan ternak unggas ayam joper untuk rumah tangga miskin (RTM).  Dimana setiap RTM akan menerima bantuan 50 ekor ayam joper.

“Tak hanya itu, akan diserahkan pula pakan, obat-obatan dan pelatihan pembuatan kandangnya secara gratis,” terangnya dalam kegiatan Koordinasi Pengembangan Unggas #Bekerja di Pendopo Bupati Blora siang tadi.

 

Bantuan Diserahkan Ke 9.953 Rumah Tangga Miskin

Lebih lanjut, Bagoes menambahkan, kuota untuk 9.953 RTM ini akan kita salurkan ke 17 Desa Miskin baik Desa Miskin Kategori I dan Desa Miskin Kategori II yang telah dipetakan Pemkab Blora. Sehingga diharapkan benar-benar berdampak positif untuk pengurangan kemiskinan di Kabupaten Blora.

Sementara, Bupati Blora Djoko Nugroho menilai, bantuan ini akan mendorong jiwa wirausaha masyarakat miskin yang ada di Kabupaten Blora. Bantuan tidak diberikan begitu saja, namun diberikan pendampingan.

“Sedangkan untuk pemasarannya, saya minta para kades bisa membantu koordinasi dengan Dinas Perdagangan,” ucap Kokok (sapaan Djoko Nugroho, red).

Menurut Kokok, jika program ini berhasil, bukan tidak mungkin Blora bisa menjadi lumbung ayam joper, disamping Blora juga dikenal sebagai lumbung sapi. Usaha ternak ayam yang akan dilakukan 9.953 RTM ini dipercaya akan membuka peluang usaha yang menjanjikan. (One)

Subscribe

Terima kasih telah membaca berita kami, Isi Kotak di Bawah untuk berlangganan newslatter kami.

No Responses

Tinggalkan Balasan