fbpx

28 MEI DAN PERISTIWA MENARIK DIDALAMNYA

Banyak peristiwa menarik di tanggal ini, seperti pendaratan Christopher Columbus di pulau yang pertama kali dilihatnya tahun 1493 dan Perang Dunia II: Pertempuran Stalingrad di tahun 1942.
Illustrasi.

BLORANEWS – 28 Mei merupakan hari ke-148 dalam kalender Gregorian dan hari ke-149 dalam tahun kabisat.

Di tanggal ini, banyak peristiwa menarik yang terjadi. Seperti jatuhnya Garuda Indonesia Penerbangan 892, hingga dipensiunkannya nomor 46 dari semua kelas ajang balap Grand Prix Sepeda Motor.

Lebih detail, berikut Bloranews rangkumkan peristiwa menarik yang pernah terjadi di tanggal 28 Mei.

1. Pertempuran Tsushima: Perang Jepang-Rusia

Pertempuran Selat Tsushima adalah pertempuran laut terakhir dan paling menentukan sepanjang Perang Jepang-Rusia (1904–1905). Pertempuran ini terjadi di Selat Tsushima pada 27-28 Mei 1905 dan merupakan pertempuran laut terbesar pada era kapal tempur Pra-Dreadnought.

Sejarawan Edmund Moris dalam buku Theodore Rex menyebut Pertempuran Tsushima sebagai pertempuran terbesar setelah Pertempuran Trafalgar. Kekalahan Rusia membuka jalan bagi Perjanjian Portsmouth yang mengakhiri Perang Rusia-Jepang 1904-1905.

2. Lahirnya Organisasi Pembebasan Palestina

Organisasi Pembebasan Palestina atau Munazzamat al-Tahrir Filastiniyyah adalah organisasi yang dibentuk pada 28 Mei 1964 dengan tujuan untuk “kemerdekaan Palestina”. Organisasi ini dikenal sebagai “perwakilan sah dari bangsa Palestina” oleh 100 negara, dan mendapatkan status peninjau oleh PBB sejak 1974.

Tujuan dibentuknya organisasi ini tak lain tak bukan ialah untuk membebaskan Palestina dari belenggu Israel.

3. Jatuhnya Garuda Indonesia Penerbangan 892

Garuda Indonesian Airways Penerbangan 892 adalah penerbangan penumpang internasional berjadwal Garuda Indonesian Airways dari Jakarta menuju Amsterdam dengan perhentian di Singapura, Bangkok, Mumbai, Karachi, Kairo dan Roma.

Pada 28 Mei 1968, pesawat yang mengoperasikan penerbangan tersebut jatuh beberapa menit setelah lepas landas dari Bandar Udara Santacruz dalam segmen penerbangan dari Mumbai menuju Karachi. Pesawat jatuh di Desa Bilalpada yang terletak di dekat kota Nala Sopara dan menewaskan seluruh 29 orang penumpang dan awak pesawat serta satu orang di darat.

4. Nomor 46 Dipensiunkan

Pada 28 Mei tahun lalu, Nomor 46 dipensiunkan dari semua kelas ajang balap Grand Prix Sepeda Motor sebagai penghormatan kepada Valentino Rossi. Hal itu dilakukan sehari sebelum pelaksanaan balapan Grand Prix Sepeda Motor Italia 2022.

Redaksi

Verified by MonsterInsights