fbpx

6 AGENDA BULAN SURO DI KOTA MUSTIKA

  • Bagikan
SURO di Blora
Haul Syeh Abdul Qohar Ngampelgading dilaksanakan pada tanggal 15 Suro setiap tahun
SURO di Blora
Haul Syeh Abdul Qohar Ngampelgading dilaksanakan pada tanggal 15 Suro setiap tahun

Blora- Bulan Suro merupakan bulan yang sakral bagi masyarakat Jawa. Di Blora berbagai agenda digelar setiap bulan Suro. Jenis dan format pelaksanaannya cukup beragam. Secara umum, agenda bulan Suro ini diniatkan sebagai perantara manusia untuk menolak mara bahaya yang akan timbul di tahun tersebut. Kesadaran bahwa Sang Pencipta-lah yang maha menentukan tetap menjadi pedoman utama. Perayaan-perayaan tersebut digelar sebagai ikhtiar manusia, selain itu juga sebagai bentuk pelestarian budaya.

Berikut ini 6 agenda bulan Suro yang ada di Kabupaten Blora.

  1. Khaul Syeh Kenthiri di Kawengan-Jepon

Syeh Kenthiri atau lengkapnya Syeh Maling Kenthiri merupakan tokoh fenomenal di desa Kawengan kecamatan Jepon. Di awal cerita, Syeh Maling Kenthiri dikenal sebagai pencuri yang berpihak pada rakyat. Harta benda yang telah dicurinya dibagi-bagikan kepada rakyat yang membutuhkan. Masyarakat Kawengan tahun ini memperingati hari kematian tokoh fenomenal ini pada tanggal 2 Oktober 2016 bertepatan dengan 1 Suro 1950 tahun Jawa.

  1. Tirakat dhedher dan Ngrowot di Kampung Samin Sikep Karangpace Klopoduwur-Banjarejo

Bagi penganut laku sikep, laku Dhedher dan Ngrowot merupakan ritual penting. Tahun ini laku Dhedher dlakasanakan pada hari Selasa Pahing malam Rabu Pon. Bagi setiap orang dewasa ditekankan menjalani ritual ini setidaknya sekali seumur hidup. Tirakat Dhedher adalah ritual untuk tidak duduk atau menyandarkan bahu selama semalam suntuk. Laku dhedher dimulai pada saat tenggelamnya matahari sampai terbit matahari. Sedangkan laku Ngrowot adalah mengkhususkan diri untuk hanya memakan pala pendhem (umbi-umbian). Kedua laku ini dimaksudkan untuk menebus perjuangan kedua orang tua di masa kecil.

  1. Haul Syeh Abdul Qohar Ngampelgading-Blora

Syeh Abdul Qohar Ngampelgading merupakan seorang pendakwah yang menyebarkan agama Islam di kawasan Blora utara. Oleh masyarakat, Haul Syeh Abdul Qohar Ngampelgading diperingati setiap tanggal 15 Suro. Jenang (dodol) adalah sajian khas agenda ini.

  1. Haul Syeh Abdurrohim-Blora

Syeh Abdurrohim dikenal sebagai Sunan Pojok Blora. Menurut catatan sejarah yang ada Syeh Abdurrohim merupakan panglima perang kesultanan Mataram yang gagah berani. Haul Syeh Abdurrohim Sunan Pojok diperingati setiap tanggal 27 Suro. Sebagai rangkaian agenda Haul, lazimnya diselenggarakan pengajian akbar di Masjid Baitunnur Alun-alun Blora.

  1. Lamporan Suronan di Kunden-Blora

Lamporan adalah ritual arak-arakan mengelilingi kampung diterangi obor. Iring-iringan terdiri atas pemeran Cah Angon (anak gembala) dengan Pecutnya(cemeti), Gendruwon (personifikasi daro Gendruwo / makhluk halus) dan Barongan. Lamporan Kunden kan dilaksanakan pada tanggal 27 Oktober 2016 bertepatan dengan 25 Suro 1950 tahun Jawa.

  1. Haul Syeh Abdulloh Faqih Plumbon

Syeh Abdullah Faqih Plumbon adalah salah satu tokoh agama penyebar agama islam yang kharismatik  di Kabupaten Blora sebelah barat.

Khaul  Syeh  Abdullah Faqih Plumbon dilaksanakan setiap tanggal 17 Muharram / Suro dalam kalender jawa setiap tahunnya. Puncak kegiatan Khaul Syeh Abdullah Faqih Plumbon adalah sebuah pengajian akbar yang dihadiri oleh ribuan umat islam dari seluruh penjuru Blora bahkan luar kota.

Editor  : Sahal Mamur

Foto     : Az Zulfa

*Dihimpun dari berbagai sumber

banner 120x500
  • Bagikan