fbpx

ARUS BALIK LEBARAN, POLISI CEK KELAIKAN BUS

Anggota Polres Blora sedang emengecek kelaikan Bus. Foto : humas Polres Blora

Blora – Satlantas Polres Blora yang bekerja sama dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Blora, mengadakan uji kelaikan armada bus dibeberapa tempat. Yakni di Terminal Cepu, Gagak Rimang dan Ngawen. Langkah ini untuk memastikan kesiapan angkutan dalam arus balik lebaran tahun 2017 ini.

Pemeriksaan bus ini berlangsung sejak pukul 09.00 WIB. Para petugas menghentikan bus yang akan meninggalkan terminal sebelum mengangkut para penumpang.

 

Anggota Polres Blora sedang emengecek kelaikan Bus. Foto : humas Polres Blora

 

Kasat Lantas Polres Blora AKP Febriyani Aer mengatakan kegiatan ini merupakan bagian dari Operasi Ramadniya Candi 2017. Pihaknya ingin memastikan semua bus aman untuk mengangkut penumpang pada saat arus mudik maupun arus balik tahun ini.

“Pemeriksaan kendaraan ini untuk mengantisipasi dan memastikan keselamatan dan kenyamanan angkutan yang berasal Jakarta-Surabaya atau sebaliknya. Kita ingin semuanya safety, dan bagi para penumpang bisa merasa aman, nyaman selamat sampai tujuan,” kata Kasat Lantas, Jumat (30/06).

Selain mengecek kecocokan nomor sasis, petugas mengecek seluruh sistem penunjang kendaraan bus, mulai dari pengereman, lampu, klakson, wiper, slang-slang, pegas daun, dan karet penahan shock breaker. Semuanya dicek satu per satu.

Kasat Lantas menjelaskan kegiatan itu untuk memastikan keselamatan penumpang. Selain itu, juga untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas selama arus mudik lebaran.

“Kegiatan ini untuk mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas. Kami mengecek kondisi mesin, ban, rem, lampu, hingga surat-surat bus tersebut,” tambahnya.

Pihaknya berharap dengan adanya pengecekan tersebut bisa menekan dan mencegah terjadinya lakalantas pada saat arus mudik dan balik lebaran. Selain itu, pemudik juga merasa nyaman dan tenang saat mudik ke kampung halaman sampai kembali ke perantauan.

Reporter : Ngatono