Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

BELAJAR NYAMAN, MASA DEPAN AMAN




Di zaman sekarang, anak-anak mungkin sudah mulai menyepelekan tentang pendidikan. Dan sudah sering kita temukan anak-anak yang putus sekolah atau tidak sekolah sama sekali, dengan beberapa alasan.

Contohnya, tidak sekolah atau putus sekolah karena faktor ekonomi. Banyak anak-anak sekarang lebih memilih bekerja dan tidak melanjutkan sekolahnya, mungkin karena lebih senang dengan memiliki uang sendiri. Itu merupakan penghambat jalannya menuju kesuksesan.

 

Yunita Trisnawati

Yunita Trisnawati

 

Sekarang, juga banyak anak sekolahan yang malas untuk belajar, entah itu karena mata pelajaran yang tidak disukai atau memang sudah menjadi keinginan mereka untuk bermalas-malasan. Semua orang tentunya ingin sukses bukan?

Nah, salah satu kunci yang sangat penting untuk menuju jalan kesuksesan yaitu kita harus belajar dengan giat dan terus bekerja keras. Meskipun ada hambatan yang selalu datang, kita harus tetap bekerja keras.

Apalagi mereka yang ingin bersekolah dan ingin untuk mendapatkan ilmu tetapi ada faktor yang menjadi penghalang untuk mereka. Untuk itu, kita yang bisa bersekolah dan bisa menuntut ilmu tanpa ada halangan, bersyukurlah dengan itu.

Belajar memiliki fungsi sangat penting untuk kita kaum pelajar, belajar bisa membuat kita menjadi seorang yang sebelumnya tidak tahu menjadi tahu, yang sebelumnya kurang mengerti menjadi lebih mengerti.

Di sisi lain, ada juga mereka yang melakukan belajar dengan hal-hal yang kurang baik. Contohnya, seperti anak yang ingin terlihat rajin di depan orang tuanya, berdiam diri dalam kamar dan bermain hp bukannya belajar.

Misalnya, ketika orang tua masuk dalam kamar, anak malah berpura-pura dengan membaca buku atau belajar lainnya. Hal itu tidak perlu di contoh guys. Kita harus belajar dengan tujuan yang baik tidak dengan berpura-pura saja.

Saya juga sering menemukan beberapa orang yang bosan dengan belajar mereka. Mungkin cara dan metode yangf kurang tepat menjadi penghalang mereka untuk belajar dengan nyaman dan tanpa rasa bosan.

5 Tips Belajar Supaya Tidak Cepat Bosan

Apakah pembaca Bloranews.com sudah melakukan cara, atau metode belajar yang tidak membuat bosan? Berikut ini metode belajar supaya tidak cepat bosan:

(1) Mewarnai Catatan Penting Dengan Stabilo atau Pewarna

Dengan cara itu, akan membantu kalian agar tidak bosan dengan hanya membaca buku. Jika kalian mewarnai buku dengan stabilo/pewarna lainnya, mungkin kalian akan lebih tertarik untuk membacanya karena ada variasi warna yang bagus. Dan tentunya warnai bagian-bagian yang penting saja.

(2) Belajar di Tempat yang Nyaman

Jika belajar dalam suasana kegaduhan dan keramaian tentunya kita tidak fokus untuk belajar, nah jika kalian mencari tempat yang nyaman maka hal itu bisa membantu dalam belajar. Kita akan ikut merasakan kenyamanan suasana tempat tersebut.

(3) Belajar Sambil Ngemil

Siapa sih yang tidak suka ngemil? Pastinya  semua orang suka dengan ngemil, tentunya bukan orang yang sedang diet ya, hehe.



Belajar sambil ngemil tentunya bisa membuat kita belajar dengan tenang dan nyaman. Asal tidak terlalu fokus pada camilannya. Karena juga ada beberapa orang yang belajar lebih senang dengan ngemil. Tentunya cara ini juga bisa membuat belajar kalian menjadi tidak bosan.

(4) Belajar Sambil Mendengarkan Musik

Wah, tentunya ini cara yang sangat banyak di sukai oleh beberapa orang. Ya, beberapa orang di sekitar saya sangat senang jika belajar sambil mendengarkan musik. Tapi ada beberapa juga yang tidak fokus belajarnya jika menggunakan cara ini. Jika kalian menggunakan cara ini, tentunya belajar kalian akan sangat nyaman. Karena ada musik yang ikut mengiringi kita dalam belajar, asalkan suaranya tidak terlalu kencang.

(5) Belajar Kelompok

Cara ini juga bisa membantu kalian dalam menghilangkan rasa bosan jika harus belajar seorang diri. Dengan belajar kelompok, kalian bisa menanyakan kepada teman kalian jika ada yang kesusahan/yang sulit dimengerti. Tapi jika kalian menggunakan cara ini, kalian harus tetap fokus belajar ya? Tidak fokus dengan ngerumpinya, hehe.

Itulah beberapa tips yang bisa membantu menghilangkan rasa bosan ketika belajar. Dan jika kalian sudah melaksanakan tips belajar agar tidak bosan, tentunya kalian akan lebih rajin belajar bukan?

Manfaat Belajar

Maka, sangat banyak manfaat yang kita dapatkan dari belajar. Sudah tahu apa saja manfaatnya? Ini nih manfaat belajar untuk kita.

(1) Mendapatkan Ilmu Lebih Banyak

Dengan belajar, tentunya kita mendapatkan ilmu yang banyak bukan? Yang sebelumnya kita hanya mengetahui tentang ini, menjadi lebih mengetahui tentang itu. Dan tentunya itu hal yang membuat kita senang.

(2) Mendapatkan Nilai yang Memuaskan

Kalian senang jika mendapatkan nilai bagus? Tentunya senang bukan? Saya sih sangat senang sekali jika mendapatkan nilai bagus.

Karena jika kita belajar, dan hasilnya keluar dengan memuaskan, itu menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi kita. Karena memang benar, hasil itu tidak akan menghianati usaha. Dan jika mendapatkan nilai yang bagus, bukan kita saja yang bangga, orang tua dan guru pun juga ikut bangga kepada kita.

(3) Belajar adalah Jalan menuju Masa Depan yang Lebih Baik

Kamu ingin masa depanmu sukses? Banyak kuncinya, salah satunya belajar. Jika kita belajar dengan giat dan tekun, tentunya kita mendapatkan nilai akhir yang memuaskan dan bisa menjadi bekal untuk kita di masa depan mendatang.

(4) Belajar adalah Melatih Berfikir Kritis

Dengan belajar, kita bisa menjadi berpikir secara kritis. Berpikir kritis saat ini penting dalam kehidupan sehari-hari, dan membuat kita bisa menyusun keputusan dan menyelesaikan masalah.

Itulah beberapa manfaat belajar untuk kita. Belajar membawa banyak hal positif untuk kita. Maka dari itu, kita harus belajar dengan giat.

Itulah beberapa tips dan manfaat yang kita dapatkan dari belajar. Karena dengan belajar yang nyaman, masa depan akan aman. Semoga bisa bermanfaat.

 

Tentang penulis: Yunita Trisnawati adalah mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Malang

Subscribe

Terima kasih telah membaca berita kami, Isi Kotak di Bawah untuk berlangganan newslatter kami.

No Responses

Tinggalkan Balasan