BUMMAS SIDO MAKMUR: TEKAN KEMISKINAN LEWAT TERNAK LELE

Blora- Warga Desa Brumbung Kecamatan Jepon Kabupaten Blora kini memiliki Badan Usaha Milik Masyarakat (BUMMAS) Sido Makmur. Lembaga ini akan fokus pada peningkatan ekonomi masyarakat melalui kegiatan ternak lele.

 

Launching BUMMAS Sido Makmur di Balaidesa Brumbung Kecamatan Jepon Kabupaten Blora

Launching BUMMAS Sido Makmur di Balaidesa Brumbung Kecamatan Jepon Kabupaten Blora

 

“BUMMAS merupakan program dari Desa Berdaya. Sedangkan Desa Berdaya adalah implementasi program dari Rumah Zakat,” terang Kepala Perwakilan Rumah Zakat Jawa Tengah, Aris Ristian dalam Launching BUMMAS Sido Makmur di Balaidesa Brumbung, Kamis (19/09).

Lebih lanjut, Aris memaparkan, Di Blora, Rumah Zakat memiliki delapan desa binaan. Diantaranya, Brumbung (Kecamatan Jepon), Tanjung (Kedungtuban), Cepu, Bangkle (Blora Kota), Ngawen, Doplang (Jati), Sempu (Kunduran), dan Bedingin  (Todanan).

“Tiap desa binaan, didampingi seorang Relawan Inspirasi. Pemberdayaan di desa binaan tersebut disesuaikan dengan potensi desa masing-masing, dan untuk Desa Brumbung ini fokusnya di ternak lele,” ujarnya.

Sementara, Relawan Inspirasi Rumah Zakat yang bertugas di Desa Brumbung, Slamet mengaku telah terlibat dalam program ini dalam satu tahun terakhir. Dirinya berharap, dengan BUMMAS ini, dapat meningkatkan perekonomian masyarakat di desa tersebut.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Desa Brumbung, Supardi mendukung adanya BUMMAS Sido Makmur. Menurutnya, sejauh ini Rumah Zakat dengan berbagai kegiatannya telah banyak berperan di desa ini.

“Dari Rumah Zakat banyak membantu pemberdayaan masyarakat. Mulai dari kesehatan, pengajian, dan sekarang ekonomi. Jika saat ini, BUMMAS mengelola ternak lele, mungkin ke depan bisa juga mengelola ternak ayam Joper,” katanya.  (jyk)

Subscribe

Terima kasih telah membaca berita kami, Isi Kotak di Bawah untuk berlangganan newslatter kami.

No Responses

Comments are closed.