fbpx

CALON KADES BERSAING DENGAN KELUARGA SENDIRI DI LIMA DESA

Ilustrasi

Blora – Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa Serentak tinggal di depan mata. Para calon juga sudah memaparkan visi dan misinya. Masa tenang juga masih berlangsung. Surat suara pun sudah dilipat tinggal menunggu pemungutan suara di 27 desa yang dilangsungkan besok pagi, Sabtu (29/7/2017).

 

Ilustrasi

 

Perebutan kursi Kepala Desa dari 27 desa tersebut tidak semuanya putra daerah. Ada juga yang masih ber KTP luar daerah. Mulai dari Rembang dan Bekasi. Selain itu ada juga yang satu desa calonnya antara anak dan ibu, Adik-Kakak, dan suami-istri.

Mulai dari Desa Bekutuk, Randublatung yaitu antara bapak dan anak (Kholil dan Khoirul Afif), Desa Kacangan, Todanan Adik-kakak (Tri Jatmiko dan Sri Wiwik), Desa Brabowan, Sambong Kakak dan adik (Pinto dan Indarsih), Begitu juga dengan Desa Gersi, Jepon antara ibu dan anak (Dinal Candra Jimstark dan Eny Mursiyanti).

BACA JUGA :  KAPOLSEK RANDUBLATUNG PANTAU PELIPATAN SURAT SUARA PILKADES

Terakhir calon kades desa Balongsari antara suami istri. Didesa tersebut ada tiga calon, yakni nomor urut satu Sutikno, mantan kepala desa Balongsari yang sudah berdomisili di Sragen, yang mencalonkan diri bersama istrinya, Ninik Puji Mulyati dengan nomor urut tiga. Sedang, nomor urut dua Untari Ekowati, merupakan istri dari Kepala Desa Mojowetan, Banjarejo

Kabag Pemdes Warsito mengaku terus memantau persiapan pilkades. Kemarin juga memantau di beberapa titik. Mulai dari Desa Genjahan, Japah dan lain sebagianya. “Secara keseluruhan aman dan lancar, sampai saat ini belum ada laporan terkait money politik,” jelasnya.

Untuk pelaksanaan pemungutan suara, kebanyakan dilaksanakan di Balai Desa, namun ada juga yang digelar di lapangan sebab Daftar pemilih banyak, sebab di Balai Desa tidak memungkinkan.

BACA JUGA :  35 BAKAL CALON KADES AJUKAN SURAT KETERANGAN BEBAS PIDANA

“Besok kita pantau dilapangan, posko-posko yang ada, untuk persiapan Sabtu besok. Mulai dari wilayah timur sampai barat, baik itu, kotak suara, daftar pemilih, undangan dan lainnya,” imbuhnya.

Untuk pasangan ibu dan anak berada di Desa Gersi, Kecamatan Jepon. Yaitu Dinal Candra Jimstark dan Eny Mursiyanti istri dari anggota DPRD Blora yang juga Ketua Banleg. “Tidak ada lawannya mas, anak dan istrisaya yang maju,” ungkap Rajiman Santarko suami calon kades Gersi kemarin.

Diberitakan sebelumnya, Ketua panitia Pilkades Desa Balongsari, Kecamatan Banjarejo, Blora, Saman mengaku, dalam masa tenang ini sudah tidak ada lagi aktifitas kampanye dari ketiga calon kades yang mencalonkan diri dan tim suksesnya. Atribut kampanye yang digunakan dalam massa kampanye juga sudah dibersihkan oleh pihak  panitia.

BACA JUGA :  PILKADES SERENTAK DIGELAR AKHIR JULI 2019

Selain itu, sebelum masa kampanye sudah memperingatkan para calon dan timses, agar mematuhi tahapan dalam pilkades. Sehingga memasuki masa tenang sudah tidak ada lagi alat kampanye.

“Kemarin, kami juga ikut mencopoti gambar-gambar calon yang masih terpasang,” ujarnya.

Selain itu, saat ini pihaknya sudah melakukan penataan tempat pemungutan suara (TPS) yang berada dibalai desa setempat. Termasuk persiapan bilik pencoblosan dan kotak surat suara. “TPS-nya sudah jadi. Tadi kami koordinasi dengan Polsek Banjarejo, Koramil dan Satpol PP untuk pengamanan pelipatan surat suara dan TPS,” ujarnya.

Reporter : Ngatono/sub