fbpx

CUACA EKSTREM DIPREDIKSI MELANDA BLORA TIGA HARI KE DEPAN

Ilustrasi.
Ilustrasi.

Blora, BLORANEWS – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan potensi curah hujan dengan intensitas sedang-lebat disertai kilat dan angin kencang dapat terjadi di Kabupaten Blora kurun waktu tiga hari ke depan.

Tak hanya Kabupaten Blora, prospek cuaca ekstrem tertanggal 19 – 21 Mei ini juga diprediksi bakal melanda mayoritas daerah di Jawa Tengah. Diantaranya Rembang, Grobogan, Demak, Kudus, Pati, Jepara, Semarang, dan sekitarnya.

BACA JUGA :  LIBUR AKHIR PEKAN, BERIKUT PRAKIRAAN CUACA KABUPATEN BLORA MINGGU 22 MEI 2022

Dijelaskan BMKG, Berdasarkan hasil analisis dinamika atmosfer, terdapat sirkulasi siklonik di perairan Barat Kalimantan Barat yang membentuk daerah pertemuan/perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang dari Kalimantan Tengah dan Kalimantan Barat.

Konvergensi lainnya juga terpantau memanjang dari Pesisir Selatan Jawa Tengah – Jawa Timur, Sulawesi Tengah, Maluku dan Papua.

Kondisi tersebut berpotensi meningkatkan pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

BACA JUGA :  MUSIM HUJAN DATANG LEBIH AWAL, BERIKUT DAMPAK YANG WAJIB DIWASPADAI

Selain itu, kelembaban udara yang relatif tinggi serta anomali suhu muka laut di Samudera Hindia selatan Jawa dan Laut Jawa juga dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah.

Dalam hal ini, BMKG mengimbau kepada masyarakat agar waspada potensi bencana hidrometeorologi berupa banjir, tanah longsor, angin kencang, dan puting beliung akibat cuaca ekstrem selama tiga hari ke depan.

BACA JUGA :  LIBUR AKHIR PEKAN, BERIKUT PRAKIRAAN CUACA KABUPATEN BLORA MINGGU 18 SEPTEMBER 2022

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi www.bmkg.go.id, atau bisa menghubungi langsung kantor BMKG terdekat. (Kin).