fbpx

DAGING SAPI BLORA BAKAL BANJIRI JAKARTA

Deal, Daging Sapi Blora bakal banjiri Jakarta. Hal ini terbukti setelah Pemkab Blora dan Pemprov DKI Jakarta deal taken kontrak kerja sama terkait jual beli sapi. Kini Pemprov DKI Jakarta melalui Perusahaan Umum Daerah (PD) Dharma Jaya sepakat untuk membeli sapi-sapi milik para peternak Kabupaten Blora.
Ilustrasi.

Blora, BLORANEWS – Deal, Daging Sapi Blora bakal banjiri Jakarta. Hal ini terbukti setelah Pemkab Blora dan Pemprov DKI Jakarta deal taken kontrak kerja sama terkait jual beli sapi. Kini Pemprov DKI Jakarta melalui Perusahaan Umum Daerah (PD) Dharma Jaya sepakat untuk membeli sapi-sapi milik para peternak Kabupaten Blora.

Dimana, Jakarta setiap Minggu kebutuhan dagingnya mencapai 274 ton. Untuk Idul Adha biasanya kebutuhan sampai 21 ribu ekor. Sedangkan Blora datanya ada sekitar 270 ribu ekor sapi.

BACA JUGA :  INI ALASAN PEMPROV DKI JAKARTA MAU BELI "ROJO KOYO" BLORA

Dalam kesepakatan tersebut, PD Dharma Jaya sebagai pihak pertama akan membeli sapi dari peternak melalui koperasi dengan harga minimal yang telah disepakati sejak awal berdasarkan berat hidup sapi. PD Dharma Jaya juga akan menempatkan petugas di Blora untuk monitoring terhadap perkembangan pertumbuhan sapi di kandang-kandang ternak secara rutin. Sekaligus memonitor pengiriman hewan sapi dari wilayah Blora ke Jakarta.

BACA JUGA :  11 SAPI SEMBUH DARI PMK

Sementara itu, KUD Wargo Tani Jiken sebagai pihak kedua menyediakan pakan ternak dari perusahaan pakan ternak yang ditunjuk dengan dibantu oleh dinas teknis Blora dalam proses pendampingan. Termasuk melakukan penjualan sapi ke Dharma Jaya, dan memastikan memiliki permodalan yang cukup dalam pelaksanaan pekerjaannya.

Kesepakatan ini dituangkan dalam penandatanganan Nota Kesepakatan Perjanjian Kerja Sama antara Direktur Utama PD Dharma Jaya Jakarta, Raditya Endra Budiman, dengan Ketua KUD Wargo Tani Jiken, Sukono, mewakili koperasi peternak sapi yang ada di Kabupaten Blora, Selasa siang (24/5/2022) di Kantor PD Dharma Jaya Jakarta Timur.

BACA JUGA :  PASAR HEWAN BLORA DITUTUP, PEDAGANG TERPAKSA JUALAN DI LUAR PAGAR

Hadir langsung Bupati Arief Rohman, Wakil Bupati Tri Yuli Setyowati, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (DKPKP) Jakarta, Suharini Eliawati, serta Kepala Dinas Pangan Pertanian Peternakan dan Perikanan (DP4) drh. Gundala Wijasena, MP. (sub)