fbpx

DESA BERBAK DIPERCANTIK DENGAN PAPAN HIMBAUAN ANEKA WARNA

  • Bagikan
Papan Himbauan aneka warna di sepanjang jalan Desa Berbak Kecamatan Ngawen.

Ngawen – Bukannya melalui sosialisasi atau rapat-rapat yang menjenuhkan, Pemdes Berbak Kecamatan Ngawen punya cara unik untuk mengajak warganya hidup bersih. Salah satunya dengan memasang papan himbauan aneka warna di sepanjang jalan desa.

 

Papan Himbauan aneka warna di sepanjang jalan Desa Berbak Kecamatan Ngawen.

 

Belasan papan ini dipasang di depan fasilitas publik seperti TK, Balai Desa Berbak dan tempat-tampat lain yang biasa menjadi tempat sampah darurat oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Selain itu, di pemerintah desa setempat juga mengecat tong sampah yang ada. Kesan tong sampah yang kumuh seolah pupus setelah melihat tong sampah di Desa Berbak ini.

“Ada lima belas Papan Himbauan yang dipasang, semuanya terbuat dari limbah mebel. Pemasangan dilakukan di sepanjang jalan Dukuh Berbak sampai Dukuh Sambiroto. Semuanya berisi himbauan kepada masyarakat untuk hidup bersih dan sehat,” ucap Ketua PKK Desa Berbak Martini Raharjo Sakiyo, Kamis (16/11).

Untuk membuat Papan Himbauan ini, banyak tangan yang terlibat membantu pemerintah desa. Mulai dari menyediakan bahan, mengolah bahan menjadi papan sampai mewarnai papan dengan cat kayu. Semuanya dilakukan secara gotong royong dan suka rela.

“Kita mendapat masukan dari Pokja 4 PKK Kabupaten Blora untuk menggunakan limbah kayu. Untuk membuatnya, kita dibantu Pak Sadik pemilik perusahaan meubel dari Dukuh Sambiroto berupa 15 buah papan. Papan ini, kemudian diwarnai oleh seniman lokal kita Mas Antogin yang sehari-hari bekerja sebagai seniman Barongan,” lanjutnya.

Kades Berbak Sugih Sakiyo Raharjo mengapresiasi kerja keras PKK Berbak dalam mengajak masyarakat setempat untuk hidup bersih dan sehat.

“Bapak mengapresiasi ini semua. Beliau ngendikan (berkata : ind) langkah ini sangat membantu pemerintah desa dalam mengajak masyarakat hidup bersih dan sehat,” pungkasnya.

Reporter : Taufik

  • Bagikan