fbpx

DESA SEBAGAI TONGGAK KETAHANAN PANGAN

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menyinggung topik ketahanan pangan dalam acara pembukaan Rakernas PAPDESI di MG Suites Hotel, Kota Semarang, Minggu (5/6/2022).
Pembukaan Rakernas PAPDESI di MG Suites Hotel, Kota Semarang.

Semarang, BLORANEWS – Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menyinggung topik ketahanan pangan dalam acara pembukaan Rakernas PAPDESI di MG Suites Hotel, Kota Semarang, Minggu (5/6/2022).

Dalam acara yang dihadiri anggota PAPDESI seluruh Indonesia itu, Ganjar berharap seluruh kepala desa dan perangkat desa dapat terlibat dalam menjaga ketahanan pangan, utamanya pada level desa.

BACA JUGA :  BERKEDOK PABRIK KAYU, GULA GMM TAK BER-SNI DI TIMBUN DI KENDAL

“Menjaga ketahanan pangan menjadi salah satu langkah penting selain terus berinovasi dalam menghadapi tantangan masa depan,” terangnya.

Lebih detil, Gubernur berambut putih itu menjelaskan bahwa desa adalah tonggak ketahanan pangan. Menurutnya, jika desa kuat maka Indonesia akan bertahan.

“Kalau desa ini kuat, dijaga betul oleh kawan-kawan kades atau perangkat desa, kawan-kawan dari PAPDESI ini, menurut saya ini akan menjadi bagian kita untuk menjaga ketahanan di tengah geopolitik yang nanti bergerak,” ungkap Ganjar.

BACA JUGA :  SAMBUT PUASA, STOK PANGAN DI JATENG DIPASTIKAN AMAN

Kemudian, Dia juga mengapresiasi langkah inovatif yang dilakukan oleh desa. Tak terkecuali inovasi dalam sektor ketahanan pangan.

“Maka sudah banyaklah pengalaman kades-kades itu bagaimana memberdayakan pekarangan, makanan alternatif, terus kemudian diversifikasi pangan. Itu menurut saya bagus,” pungkasnya. (Kin).