fbpx

GANJAR: SAYA MINTA TIDAK ADA TAKBIR KELILING

Dalam Rapat Forkopimda Provinsi Jateng di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Rabu (27/4), Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengimbau masyarakat agar tidak melakukan takbir keliling pada malam Idul Fitri 2022.  Keputusan tersebut disampaikan Ganjar menyusul masukan dari Kepala Kanwil Kemenag Jateng, Musta’in Ahmad.
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Semarang – Dalam Rapat Forkopimda Provinsi Jateng di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Rabu (27/4), Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengimbau masyarakat agar tidak melakukan takbir keliling pada malam Idul Fitri 2022.  Keputusan tersebut disampaikan Ganjar menyusul masukan dari Kepala Kanwil Kemenag Jateng, Musta’in Ahmad.

“Terkait itu pak gubernur mungkin bila diperlukan karena ini sifatnya himbauan mungkin ada kebijakan regulasi yang memungkinkan diberikan penegasan yang sifatnya adalah larangan,” ucap Musta’in Ahmad.

BACA JUGA :  JELANG LEBARAN 2022, GUBERNUR JATENG: FLUKTUASI HARGA TERJADI

Menanggapai usulan Kakanwil Kemenag Jateng, Ganjar merespon cepat dengan mengeluarkan Surat Edaran yang akan diterbitkan melalui Sekda Provinsi Jateng.

“Nanti perlu disampaikan kepada masyarakat pak Sekda, disiapkan suratnya ke kabupaten kota kita minta dilarang saja takbir kelilingnya. Diarahkan takbirannya di masjid, musala atau rumahnya masing-masing,” tanggapnya.

Ganjar menjelaskan, kebijakan ini diambil guna mengantisipasi potensi keramaian yang rentan terhadap pandemi Covid-19. Ia juga mengimbau agar sosialiasi dilakukan bersama antara provinsi dan pemerintah kota/kabupaten.

BACA JUGA :  HINDARI KEMACETAN, RATUSAN PEMOTOR IKUTI MUDIK GRATIS KAPAL LAUT

“Pergantian dari ramadan menuju lebaran kan biasanya takbiran, saya minta tidak ada takbir keliling. Takbirnya semua di musala, masjid dan rumah masing-masing. Kita minta tolong dan bantuan untuk mendukung itu,” kata Ganjar. (Kin).