fbpx

KAMPANYE LITERASI DIGALAKKAN PULUHAN PEMUDA BER-JAS BIRU

Pengurus Komisariat PMII Sunan Pojok blora.

Blora, BLORANEWS – Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Komisariat Sunan Pojok Blora menggelar kegiatan bertajuk Kampanye literasi di Pendopo Boarding School MAN Blora pada Sabtu (8/6) kemarin sekitar pukul 15.00 WIB.

Kegiatan tersebut diikuti kurang lebih 100 siswa yang tergabung dalam boarding school MAN Blora. Dipandu oleh Pengurus Komisariat PMII Sunan Pojok Blora, kegiatan berlangsung secara dinamis dan riang gembira.

Ketua Komisariat PMII Sunan Pojok Blora, Agil Faturrahman mengatakan, pihaknya mewakili mahasiswa merasa perlu untuk membuat kegiatan semacam itu. Tujuannya tak lain tak bukan ialah untuk mengkampanyekan literasi kepada gen Z agar kedepannya tidak melupakan budaya membaca.

“Penelitian dan polling dari PISA atau Unicef mencatat bahwa, Indonesia masuk peringkat yang paling ekstrim dalam hal literasi. Gagasan yang kemudian kami lempar adalah, sebetulnya orang-orang Indonesia memang malas baca buku atau karena keterbatasan infrastruktur literasi, sehingga gerakan literasi itu tidak pernah terdengar gaungnya,” ujarnya.

Berangkat dari gagasan itu, jajaran pengurus komisariat Sunan pojok Blora kemudian berinisiatif untuk menggelar kegiatan yang relevan dengan visi Kemendikbudristek terkait akselerasi peningkatan daya literasi nasional.

“Di sela-sela kegiatan, para pengurus Komisariat Sunan Pojok juga mengadakan ice breaking agar siswa siswi bisa enjoy mengikuti kegiatan. Kita juga melempar kuis pendidikan, 5 orang yang berhasil menjawab diberi hadiah buku oleh pengurus” lanjut Agil.

Adapun Genre buku yang dibawa dalam kegiatan yang mengangkat tema “Siswa Melek Baca, Membaca Adalah Melawan” itu meliputi, Genre buku politik, sejarah, ilmu budaya, novel, buku kajian, karya antologi, novel hingga cerpen.

Mewakili pihaknya, Agil berharap agar kegiatan tersebut dapat memupuk gairah literasi para siswa untuk kemudian ditularkan kepada generasi berikutnya. (gil)