fbpx

PERTAJAM NALURI INVESTIGASI, PKC PMII JATENG GELAR ‘SJI’ DI BLORA

Blora, BLORANEWS – Pengurus Koordinator Cabang (PKC) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Jawa Tengah (Jateng) menggelar Sekolah Jurnalisme Investigasi (SJI) di Kabupaten Blora.

Kegiatan tersebut digelar oleh Bidang Media, Cyber dan Penggiringan Opini Publik PKC PMII Jawa Tengah. Adapun tema yang diangkat dalam kegiatan tersebut ialah “Investigasi Sebagai Ruh Pergerakan”.

Ketua Panitia SJI, Achmad Niam Jamil menandaskan bahwa, orientasi dari kegiatan ini ialah untuk mempertajam naluri investigasi kader sekaligus untuk menumbuh suburkan kultur jurnalisme yang kian keropos.

“Sekolah Jurnalisme Investigasi ini bertujuan untuk memupuk tumbuh suburnya kultur jurnalisme investigasi di negeri ini dan secara umum membekali kader PMII,” terangnya.

Bung Jamil, sapaan akrabnya, menjelaskan bahwa kader PMII harus memiliki naluri investigasi yang kuat. Seperti halnya yang tercermin dalam diri sosok pendiri PMII sekaligus Ketua Umum pertama PB PMII, yakni Mahbub Djunaedi.

“Pendiri PMII adalah jurnalis profesional di masanya. Demikian tidak menutup kemungkinan kader PMII meneruskan estafet perjuangan itu,” imbuhnya.

Sekolah jurnalisme Investigasi ini merupakan kegiatan internal semi-formal PKC PMII Jateng. Kegiatan berlangsung di Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Alif Blora mulai hari ini, Jumat (31/5) hingga Minggu (2/6) mendatang.

Adapun materi yang akan diajarkan meliputi, Investigasi sebagai ruh pergerakan, merencanakan target investigasi, menembus meja redaksi investigasi, menganalisis data & fakta, keamanan dan keselamatan investigasi, etika peliputan serta menulis laporan investigasi. (Dj)

Verified by MonsterInsights