fbpx

KECAMATAN JEPON : KECAMATAN LUMBUNG PANGAN BLORA

  • Bagikan
Jagung salah satu komoditas pertanian kecamatan jepon
Jagung salah satu komoditas unggulan kecamatan Jepon

Jepon ( 15/03/2015 ) Kecamatan Jepon sejak jaman dahulu kala terkenal dengan hasil tanaman pangannya. Palawija, Hortikultura dan buah – buahan banyak dihasilkan di kecamatan yang terletak di sebelah timur kota Blora ini. Tugu Cabai di Pasar Tradisional Kecamatan Jepon menjadi monumen yang menunjukkan masa – masa kejayaan pangan di Kabupaten Blora. Ketersediaan produksi pangan ini didukung dengan tersedianya lahan – lahan pertanian yang luas di Kecamatan Jepon. Luas lahan pertanian di Kecamatan Jepon adalah seluas 2.542, 601 hektar, ini berarti 23,60 persen luas Kecamatan Jepon adalah lahan pertanian. Lahan – lahan pertanian yang luas ini menghasilkan padi, jagung, sayur – mayur dan cabai Jepon yang melegenda.

 

kantor kecamatan jepon kab.blora
Kantor kecamatan jepon

 

Kecamatan Jepon terletak delapan kilometer sebelah timur kota Blora. Memiliki 24 desa dan satu kelurahan, membuat Kecamatan Jepon menjadi salah satu kecamatan besar di Kabupaten Blora. Kecamatan Jepon berbatasan dengan kecamatan – kecamatan lain di Kabupaten Blora dan satu Kecamatan dalam wilayah Kabupaten Rembang, sebelah barat berbatasan dengan Kecamatan Blora, sebelah utara berbatasan dengan Kecamatan Sale Kabupaten Rembang, Sebelah timur berbatasan dengan Kecamatan Bogorejo serta Kecamatan Jiken dan sebelah selatan berbatasan dengan kecamatan Randublatung.

 

Jagung salah satu komoditas pertanian kecamatan jepon
Jagung salah satu komoditas unggulan kecamatan Jepon

 

Sebagai salah satu kecamatan di Kabupaten Blora dengan mayoritas profesi penduduk di bidang pertanian, masyarakat Jepon memiliki semangat kerja yang tinggi khas masyarakat agraris. Memulai aktivitas pada pagi hari dengan mengunjungi lahan persawahan dan melakukan kegiatan – kegiatan pertanian seperti, mengolah tanah, menyiangi rumput dan memberi pupuk untuk tanaman.

 

Jepon kecamatan penghasil cabe Blora
Pertanian Cabe di Kecamatan Jepon

 

Selain bertani, masyarakat Kecamatan Jepon juga melakukan kegiatan perdagangan. Hasil – hasil pertanian seperti sayur – mayur dan cabai diperjual – belikan di pasar – pasar tradisional. Selain hasil pertanian, di pasar tradisional desa juga terdapat jajanan – jajanan pasar yang menggugah selera. Pasar – pasar tradisional ini mulai ramai sejak subuh hari, mencapai puncak ramai pada jam sembilan sampai jam sepuluh pagi. Menjelang tengah hari pasar ini biasanya mulai sepi, banyak penjual sayur – mayur dan jajanan pulang karena dagangan mereka telah habis.

 

suasana di pasar jepon
Suasana di pasar tradisional Ngelambang Jepon

 

Kantor Kecamatan Jepon terletak di Jalan raya Blora – Cepu KM. 08, sangat mudah dijangkau dari pusat kota Blora. Lokasi Kecamatan Jepon yang dekat dengan Kota Blora membuat beberapa kantor pelayanan publik kabupaten Blora ditempatkan di kecamatan ini. Kantor Pengadilan Agama dan Pengadilan Negeri Kabupaten Blora terletak bersebelahan di desa Seso. Selain itu, Kantor Polres Blora juga terletak di desa yang sama. Tidak jauh dari Kantor Polres Blora terdapat Kantor Satuan Polisi Pamong Praja ( Satpol PP ) Kabupaten Blora.

 

Kantor pol pp kab. Blora
Kantor Satpol PP kabupeten Blora yang berada di wilayah kecamatan Jepon

 

Secara umum, jalan – jalan desa di Kecamatan Jepon telah mulai dibangun dan ditingkatkan. Hal ini sangat berpengaruh terhadap laju pertumbuhan ekonomi di kecamatan tersebut. Infrastruktur jalan merupakan salah satu penopang kegiatan ekonomi perdagangan di Kecamatan Jepon. Beberapa waktu yang lalu dilakukan pekerjaan pipa PDAM di sepanjang jalan Blora – Cepu, sehingga untuk beberapa hari lalu – lintas di Kecamatan Jepon pun terhambat. Saat ini pekerjaan pipa PDAM telah selesai dilaksanakan sehingga arus lalu litas telah berjalan normal.

 

Staim Blora kampus di kecamatan jepon Blora
STAIM Blora, salah satu perguruan tinggi di blora yang berada di wilayah kecamatan Jepon

 

Menunjang kebutuhan pendidikan, di Kecamatan Jepon terdapat sekolah – sekolah negeri maupun swasta. Berbagai jenjang pendidikan diselenggarakan, mulai dari tingkat pendidikan usia dini sampai perguruan tinggi. Fasilitas kesehatan pun terdapat di Kecamatan Jepon. Terdapat Pusat Kesehatan masyarakat, dan untuk kebutuhan gawat darurat RS PKU Muhammadiyah buka 24 jam untuk melayani masyarakat.

Reporter          : Amin Mahrus Saifudin

Fotografer        : Pasiman

banner 120x500
  • Bagikan