fbpx

KUNJUNGI AL MUHAMMAD CEPU, GANJAR BERIKAN MOTIVASI KEPADA SANTRI

  • Bagikan
Ganjar Pranowo menyampaikan motivasi kepada ratusan santri Pesantren Al Muhammad Cepu, Kamis (28/12).

Cepu – Melanjutkan kegiatan kunker (kunjungan kerja) di Blora, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengunjungi Pesantren Al Muhammad Cepu, Kamis (28/12). Selain bersilaturahim dengan pengasuh Pesantren Al Muhammad KH Abdul Chalim Mujtaba dan Gus Muhammad Husaini, Ganjar juga sempat berdialog dan menyampaikan motivasi kepada para santri.

 

Ganjar Pranowo menyampaikan motivasi kepada ratusan santri Pesantren Al Muhammad Cepu, Kamis (28/12).

 

Mewakili pengasuh pesantren, KH Noor Hadi menyambut baik kujungan Gubernur ini. Dalam sambutannya, KH Noor Hadi mengatakan saat ini merupakan hari libur santri. Sehingga, jumlah santri di pesantren tidak sebanyak pada hari-hari aktif.

Usai bersilaturahim dengan para pengasuh, Gubernur Ganjar berdialog dengan para santri di serambi masjid di dalam kompleks pesantren tersebut. Dialog berlangsung cair, diselingi gelak tawa karena Gubernur Ganjar kerap kali melontarkan guyonan khas santri.

“Pak Ganjar, setelah lulus dari pesantren nanti, bagaimana  agar kita dapat mengembangkan life skill di masyarakat ?,” tanya Dwiki Saputra, seorang mahasiswa santri semester II Tarbiyah yang pernah mendalami dunia otomotif semasa duduk di SMK.

 “Saya tanya dulu, saat ini sudah bisa apa ? bisa bongkar pasang ? atau bisa bongkar saja ?,” canda Ganjar disambut riuh gelak tawa para santri.

Ganjar melanjutkan, sebaiknya bagi para santri yang di masa depan akan diterjunkan ke masyarakat harus terus melatih keahliannya. Ganjar mencontohkan, jika memiliki latar belakang otomotif, maka harus selalu mengembangkan kemampuan di bidang itu.

Ganjar mengapresiasi sistem pesantren Al Muhammad Cepu yang mewajibkan para santrinya mengikuti program PPM (Praktek Pengabdian Masyarakat) Arba’in. PPM Arbai’in diwajibkan kepada para santri yang telah lulus jenjang pendidikan formal di pesantren tersebut.

PPM Arba’in dilaksanakan selama 40 hari. Dalam waktu ini, para santri diharuskan mengabdi ke sebuah desa yang telah ditentukan. Jika masa tugas para santri dalam PPM Arba’in telah selesai, mereka akan mendapatkan sertifikat dan dapat mengambil ijazah.

Usai berdialog dengan para santri, Ganjar berpamitan untuk melanjutkan acara kunjungannya ke berbagai tempat di Blora. Salah satunya, Ganjar akan mengunjungi SLB Budi Mulia Kunduran.

Reporter : Achmad Niam Djamil

  • Bagikan