Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

LEGENDA KUDA GAGAK RIMANG




Kuda Gagak Rimang adalah kuda tunggangan andalan Arya Penangsang. Menurut cerita tutur yang berkembang di lingkungan masyarakat Kabupaten Blora, khususnya di sekitar wilayah Jipang dan Panolan, konon asal-usul kuda Gagak Rimang adalah kuda milik Riman. Riman adalah anak Soreng Pati, Penggede di Desa Kasiman. Konon kuda tersebut menghilang pada saat tuannya, yaitu Riman bertarung melawan Siman, anak Soreng Rangkut, Penggede di Desa Sambeng, dalam memperebutkan Rara Swari. Adapun kisahnya adalah sebagai berikut.

 

patung kuda ronggol lawe

foto : Patung Kuda Ronggolawe, simbol keberanian divisi Ronggolawe dalam peristiwa Affair Madiun 1948

 

Pada saat Riman bertarung melawan Siman dalam rangka memperebutkan Rara Swari, gadis pujaan mereka, kuda kendaraan Riman melarikan diri. Sampai dengan saat Riman meninggal, kuda tersebut tidak diketahui rimbanya. Konon kuda tersebut melarikan diri masuk hutan.

Tersebutlah Arya Penangsang, Adipati Jipang Panolan pada saat itu sedang memikirkan keadaan daerahnya yang di bagian utara. Beliau berjalan-jalan mengadakan pelawatan untuk memeriksa daerah kekuasaannya. Dalam lawatannya tersebut beliau ditemani oleh patihnya yang bernama Metaun.

Subscribe

Terima kasih telah membaca berita kami, Isi Kotak di Bawah untuk berlangganan newslatter kami.

No Responses

Tinggalkan Balasan