fbpx

PAGUYUBAN BPD BLORA ‘MUSTIKA JATI’ DIKUKUHKAN

Pengukuhab paguyuban BPD Kabupaten Blora
Pengukuhab paguyuban BPD Kabupaten Blora

Blora- Paguyuban Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Blora dikukuhkan. Hal ini sebagai wadah perjuangan untuk bersama-sama mengawal jalannya pembangunan di tingkat desa sekaligus berbagi informasi antar BPD dan tentunya kesejahteraan BPD.

 

Pengukuhab paguyuban BPD Kabupaten Blora
Pengukuhan paguyuban BPD Kabupaten Blora

 

Ketua Paguyuban BPD Blora Mustika Jati, Suharianto mengungkapkan, menurutnya pembentukan paguyuban ini dilatarbelakangi keinginan seluruh BPD untuk bisa bersatu, kompak, menyatukan langkah agar keberadaan BPD bisa eksis seperti halnya paguyuban Kepala Desa dan peguyuban Perangkat Desa.

“Paguyuban resmi kami bentuk pada Minggu (02/08), di Desa Jepangrejo Kecamatan Blora. Saya sendiri adalah perwakilan BPD dari Desa Mojorembun Kecamatan Kradenan yang dipercaya teman-teman sebagai Ketua. Mohon doa dan dukungannya, semoga paguyuban BPD Mustika Jati ke depan bisa berkontribusi positif pada pembangunan daerah, utamanya desa-desa,” ungkapnya.

Dirinya juga menambahkan, dengan berdirinya paguyuban BPD ini, pihaknya mengajak seluruh BPD di Kabupaten Blora untuk bersama-sama berjuang demi kemajuan BPD agar keberadaannya diakaui sebagaimana mestinya sesuai dengan peraturan perundang-undangan yaitu Undang-undang No 6 Tahun 2014 tentang Desa.

“Setelah terbentuk paguyuban ini, kita juga berharap Pemerintah Kabupaten Blora bisa mengupayakan peningkatkan kesejahteraan BPD supaya fungsi pengawasan bisa berjalan dengan baik dan berwibawa,” imbuhnya.

Masih menurutnya, setelah pembentukan paguyuban tersebut, agenda paling dekat yang akan dilaksanakan yakni sowan ke Bupati Blora untuk perkenalan sekaligus penyampaian gagasan dan program kerja BPD. Kemudian Penyusunan AD/ART organisasi dan visi misi BPD Kabupaten Blora, pengurusan legalitas BPD Kabupaten Blora, dan penggalian dana organisasi.

Sementara itu, Anggota Komisi A DPRD Blora, yang membidangi tentang birokrasi pemerintahan, Santoso Budi Susetyo, menyambut gembira adanya paguyuban BPD se Kabupaten Blora. Dirinya yang Minggu kemarin sempat hadir dalam acara pembentukan paguyuban mendukung penuh adanya paguyuban ini.

“Saya sambut gembira dengan berdirinya Paguyuban BPD “Mustika Jati” Kabupaten Blora, karena kebetulan merupakan bidang kami di komisi A, tentang birokrasi pemerintahan, dan pemerintahan Desa yang didalamnya termasuk keberadaan BPD,” terangnya.

Santoso Budi Susetyo juga menyatakan siap menjembatani BPD apabila diperlukan untuk bertemu dengan SKPD ataupun pemerintah Kabupaten Blora, dan dirinya berpesan untuk tetap menjaga kekompakan dan persaudaraan yang sudah terbentuk melalui Paguyuban BPD Mustika Jati Kabupaten Blora. 

“Kita di DPRD beberapa kali melakukan kunjungan kerja ke daerah yang notabene lebih maju daripada Kabupaten Blora, dengan harapan kita dapat menyerap ilmu dari kemajuan daerah tersebut dan kita terapkan demi perkembangan Kabupaten Blora. Nah kali ini BPD merupakan DPR-nya Desa, mari kita bersinergi bersama untuk mencapai kemajuan desa masing-masing,” pungkasnya. (Jyk)