fbpx

PARADE SENI HARI JADI BLORA SEBAGAI WADAH EKSPRESI DAN KREASI

Peringatan hari ulang tahun Kabupaten Blora adalah saat yang penting bagi masyarakat Blora. Dalam momentum ini, masyarakat diajak untuk mengingat kembali prosesi cikal bakal dumadine Mblora.
Kirab Budaya Hari Jadi Kabupaten Blora ke 273.

Blora, BLORANEWS – Peringatan hari ulang tahun Kabupaten Blora adalah saat yang penting bagi masyarakat Blora. Dalam momentum ini, masyarakat diajak untuk mengingat kembali prosesi cikal bakal dumadine Mblora.

Tepat hari ini, Minggu 11 Desember 2022 Pemerintah Kabupaten Blora melaksanakan Kirab Budaya dan Parade Seni guna memeriahkan peringatan Hari Jadi ke-273 Kabupaten Blora Tahun 2022.

Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga Kebudayaan Pariwisata (Dinporabudpar) Kunto Aji selaku Ketua Seksi Kirab Pusaka, Kirab Budaya dan Parade Seni Hari Jadi ke-273 Kabupaten Blora Tahun 2022 menjelaskan, Kirab Budaya ini merupakan wadah untuk menampung kreasi, ekspresi, dan apresiasi masyarakat Blora dengan tujuan melestarikan nilai luhur bangsa.

“Sedangkan, tujuan, menumbuhkembangkan rasa cinta dan bangga memiliki Blora. Wahana menampung kreasi, ekspresi, dan apresiasi warga Blora. Sebagai ajang promosi potensi budaya dan kearifan loal Blora dan hiburan warga masyarakat Blora,” jelasnya.

Dijelaskannya, bentuk dan sifat kegiatan adalah parade/arak-arakan yang mengandung unsur seni, tradisional, kreatif, inovatif, dan atraktif.

“Materi garapan parade berorientasi kepada potensi seni tradisional Blora. Peserta parade dengan berjalan kaki,” paparnya.

Adapun rute Kirab Budaya ialah sebagai berikut. Start dari Pendopo Rumah Dinas Bupati Blora dan Finish didepan Kantor DPRD Kabupaten Blora.

“Untuk persiapan, Forkopimda beserta Isteri transit di Pendopo. Pukul 07.00 – 08.00 WIB disuguhkan seni Karawitan. Panggung Kehormatan Depan Kantor DPRD Kab. Blora,” tambahnya.

Lebih lanjut ia membeberkan, untuk ketentuan umum Pakaian Kakung (putra) beskap gaya Surakarta, bawahan jarik Batik Blora. Kemudian untuk pakaian Putri ialah kebaya nasional Kartini dan bawahan jarik Batik Blora. (Kin)

Ikuti berita terkini dari Bloranews.com di Google News, klik di sini.

Verified by MonsterInsights