fbpx

PELAYANAN KESEHATAN DI BLORA : UPAYA PENINGKATAN MUTU SDM DI SEMESTER PERTAMA 2016

  • Bagikan

Blora (24.05.2016)Upaya peningkatan pelayanan kesehatan di Kabupaten Blora terus diutamakan. Sejak Bupati dan Wakil Bupati Blora dilantik pada Februari 2016, sejumlah agenda untuk dilaksanakan terkait hal tersebut. Bupati Blora bertekad meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan tidak hanya pada peningkatan alat kesehatan dan gedung, melainkan juga peningkatan tenaga kesehatan. Hal ini telah dilakukan pada akhir semester pertama tahun ini.

RSUD Blora
Pelayanan kesehatan di Blora ditingkatkan dengan fokus pada kualitas SDM pada semester pertama 2016

Bupati Blora, Djoko Nugroho menyampaikan bahwa agenda pembangunan kesehatan tahun 2015 – 2019 adalah mewujudkan akses dan mutu pelayanan kesehatan yang semakin mantap. Sama seperti salah satu prioritas Rencana Strategis Kabupaten Blora tahun 2015 – 2019 yaitu meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dan meningkatkan mutu pelayanan.

Secara manajerial diperlukan perubahan pola kepemimpinan di Puskesmas dan Dinas Kesehatan Kabupaten dari pasif menunggu masalah kesehatan timbul menjadi aktif, merespons dan mengantisipasi permasalahan yang ada, dari yang sifatnya directive (penanganan langsung) menjadi collaborative (kolaborasi)  dan dari yang sifatnya serve (melayani) ke care (peduli) bagi masyarakat di wilayah kerjanya.

Berbagai agenda juga sudah dijalankan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Blora untuk mempercepat pelaksanaan peningkatan pelayanan kesehatan. Pada bulan Maret, DKK melakukan rapat pertemuan dan pembinaan Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3), yang diikuti oleh perwakilan Puskesmas Se Kabupaten Blora. Pelatihan untuk perawat dijalankan dalam Pelatihan Perawatan Luka/Certified Wound Care Clinician Associate Program (CWCCAP) bagi perawat Puskesmas dan pusat pelayanan kesehatan lain di Kabupaten Blora.

Pertemuan Tim Pelaksana Kesehatan Jiwa Masyarakat Kabupaten Blora juga dilaksanakan untuk mewujudkan pelayanan kesehatan jiwa masyarakata di Kabupaten Blora. Pada bulan April, DKK sudah melaksanakan rapat koordinasi guna akreditasi Puskesmas se Kabupaten Blora dan Finalisasi Pengumpulan Data Profil Kesehatan Kabupaten Blora Tahun 2015.

Sumber    : Website Dinas Kesehatan Kabupaten Blora

Editor    : Tono Sinaga

Foto      : Dokumentasi RSUD Blora

Baca juga :

SARANA KESEHATAN DI BLORA : 35 UNIT PUSKESMAS KELILING SIAP LAYANI MASYARAKAT

banner 120x500
  • Bagikan