PEMDES BRABOWAN OPTIMALKAN PELAYANAN KESEHATAN DAN BUMDES

Sambong – Desa Brabowan kecamatan Sambong masuk dalam nominasi desa terbaik se- Blora versi kuesioner tim Lomba Desa. Dua hal yang menonjol dari desa Barabowan adalah pelayanan kesehatan masyarakat dan optimalnya fungsi BUMDes, duahal ini telah diterapkan pemerintah desa Brabowan sejak lama.

 

BRABOWAN OPTIMALKAN PELAYANAN KESEHATAN DAN BUMDES

Pemdes Brabowan mengoptimalkan pelayanan kesehatan masyarakat dengan menyediakan Mobil Siaga. Foto : Bloranews

 

“Pemdes Brabowan memiliki kendaraan operasional Mobil Siaga untuk membantu masyarakat. Selain itu, desa telah menjalankan BUMDes bidang ekonomi, peternakan dan pertanian” ujar Indarsih, kepala desa Brabowan.

Untuk operasional Mobil Siaga ini, masyarakat secara sukarela mengadakan iuran. Walaupun jumlahnya tidak seberapa, tetapi iuran ini dilakukan secara teratur. Kesadaran masyarakat dalam membayar iuran ini diakui oleh kepala desa. Menurutnya, kesadaran ini menunjukkan besarnya peran masyarakat dalam mendukung program kerja pemerintah desa.

“Secara sukarela masyarakat mengadakan iuran. Besarnya, seribu rupiah tiap orang dan dikumpulkan secara bulanan. Iuran masyarakat ini dialokasikan untuk operasional Mobil Siaga, masyarakat kompak dan berperan aktif mendukung program pemerintah desa” katanya.

BUMDes yang ada di desa Brabowan terdiri dari berbagai bidang. Usaha keuangan simpan – pinjam, membantu masyarakat dalam bidang ekonomi. Usaha penggemukan sapi dan pembuatan pupuk kompos mewarnai kegiatan peternakan dan pertanian masyarakat.

“Baru-baru ini, kita mengupayakan adanya pelayanan administrasi satu pintu, melalu perangkat desa yang membidangi kemudian diteruskan kepada kepala desa. Dalam pelayanan ini, kita menyelenggarakannya secara gratis” tambahnya.

Pemdes Brabowan juga menata agar PAUD, Polindes (Pondok Bersalin Desa) dan Taman Bermain berada di satu lokasi. Kebijakan ini untuk memudahkan masyarakat mendapatkan pelayanan, utamanya kaum ibu dan anak-anak [.]

Reporter : Jacko Priyanto

Subscribe

Terima kasih telah membaca berita kami, Isi Kotak di Bawah untuk berlangganan newslatter kami.

No Responses

Comments are closed.