fbpx

SERUNYA KEMAH BLOK DI SMA N 1 TUNJUNGAN

  • Bagikan
Kemah Blok di SMA Negeri 1 Tunjungan, Kamis (05/10).

Tunjungan – Padatnya jam pelajaran di SMA Negeri 1 Tunjungan tidak mengurangi porsi kegiatan ekstrakulikuler seperti pramuka. Selain jam belajar efektif, di SMA Negeri 1 Tunjungan juga ada jam pelajaran tambahan, sehingga untuk kegiatan pramuka diubah formatnya menjadi Kemah Blok.

 

Kemah Blok di SMA Negeri 1 Tunjungan, Kamis (05/10).

 

Kemah Blok digelar Ambalan Diponegoro dan Dewi Sartika SMA Negeri 1 Tunjungan mulai hari Senin (02/10) sampai dengan Kamis (05/10). Kegiatan ini juga dihadiri Pelatih Pramuka Nasional.

Dikutip dari Pramukaria.blogspot.co.id Kemah Blok merupakan model kegiatan kepramukaan yang dilaksanakan selama 36 jam (untuk SMP – SMA / sederajat) . Penanggung jawab Kemah Blok adalah kepala sekolah, dibantu dengan Pembina Pramuka dari guru sekolah setempat.  Kemah Blok wajib diikuti seluruh peserta didik, memiliki jadwal yang terkonsep dan dilakukan penialian setelah kegiatan.

Nadila, Pemateri Kemah Blok di SMA Negeri 1 Tunjungan menjelaskan kemah ini wajib diikuti peserta didik. Bukan semata untuk mentaati aturan sekolah, tetapi juga sebagai bekal dalam membangun masyarakat di kemudian hari.

“Betul, sifatnya wajib untuk peserta didik kelas XI dan XII. Jadwal pelaksanaannya, hari Senin dan Selasa (2-3 Oktober) untuk kelas XII, sedangkan hari Rabu dan Kamis (4-5 Oktober) untuk kelas XI. Selain wajib karena peraturan sekolah, juga sangat penting untuk bekal membangun masyarakat di kemudian hari,” jelas Nadila yang juga merupakan Pelatih Pramuka Nasional, Kamis (05/10).

Agenda yang beragam, mulai dari materi dalam ruangan sampai permainan di luar ruangan membuat para Pramuka Penegak (tingkatan Pramuka di jenjang SMA / sederajat) ini tak jenuh mengikuti kegiatan Kemah Blok.

“Seru, dan pengen diperpanjang Kemah Blok-nya, kegiatannya menyenangkan. Selain materi kepramukaan, ada juga materi dari kepolisian,” komentar Melly, peserta Kemah Blok kelas XII SMA Negeri 1 Tunjungan.

Reporter : Khoirunniam

  • Bagikan