10 FENOMENA TAK BIASA DI LEBARAN TAHUN INI

Blora- Pemerintah terus melakukan himbauan untuk melaksanakan phisical distancing sesuai protokol kesehatan ditengah wabah virus Covid-19.

Momentum Hari raya Idul Fitri 2020 terasa berbeda, Berikut beberapa fenomena tak biasa pada Lebaran tahun ini versi Bloranews :

 

1. Goa Terawang

Tidak seperti Lebaran tahun lalu pengelola Goa Terawang memanjakan pengunjung dengan hiburan pentas musik dengan artis papan atas, tahun ini Goa terawang di tutup dan tidak tampak ada aktifitas apapun, pantauan Bloranews di lokasi lengang dan sepi.

 

Goa terawang pada liburan kedua 2020

Goa terawang pada liburan kedua 2020

 

2. Taman Budaya Tirtonadi

Pada Lebaran tahun lalu para pemudik di Blora di sambut dengan beberapa event salah satunya Car Friday Night. Dalam acara ini ditampilkan bermacam grup musik, kuliner dan jajanan lokal, serta bermacam kendaraan kuno seperti sepeda motor lawas dan sepeda onthel jaman kolonial, tapi tidak untuk tahun ini.

 

Penampilan pertunjukan musik dalam Car Free Night di kompleks Tirtonadi Reborn, Blora Kota 2017

 

3. Kenaikan Harga Sembako

Lebaran tahun ini tak tampak kenaikan harga sembako, hanya ada beberapa komoditas yang mengalami kenaikan, tampak Pemerintah Kabupaten hanya melakukan kegiatan pasar murah di beberapa lokasi untuk menyetabilkan harga.

 

https://www.bloranews.com/wp-content/uploads/2019/06/IMG_20190603_153129.jpg

Operasi Pasar Dindagkop UKM Blora di Pasar Rakyat Jepon, Kamis 2017.

 

4. Uang Palsu

Pelaku kriminal pemalsuan Uang  biasanya memanfaatkan momentum Lebaran untuk melakukan aksinya, Jika anda pemerhati sosial media, anda tidak akan menemukan himbauan untuk berhati-hati agar terhindar dari kejahatan uang palsu, tak seperti Lebaran sebelumnya.

 

Petugas Polres Blora blusukan ke pasar tradisional dalam rangka penekanan peredaran uang palsu 2019

 

5. Jasa Penukaran Uang Receh

Tak seperti biasa, kawasan alun-alun Blora, Taman seribu lampu Cepu banyak menjajakan jasa penukaran uang receh namun tak seperti lebaran tahun ini. Meskipun ada tetapi terbilang sangat sedikit.

Jasa penukaran uang dapat kita jumpai di beberapa ruas jalan taman seribu lampu cepu dan alon alon kota Blora. (2019)

 

6. Takbir Keliling

Takbiran menjadi tradisi umat islam saat Lebatan tiba, tahun ini gema takbir hanya terdengar dari Masjid dan Musholla, meskipun masih dijumpai takbir keliling tapi sangat sedikit peserta yang mengikuti.

 

Para santri di Pesantren Al Alif Setro, Desa Tamanrejo Kecamatan Tunjungan Kabupaten Blora menggelar takbir keliling

Para santri di Pesantren Al Alif Setro, Desa Tamanrejo Kecamatan Tunjungan Kabupaten Blora menggelar takbir keliling 2019

 

7. Silaturohim

Tradisi silaturohim menjadi budaya yang mendarah daging bagi masyarakat Blora, apalagi saat hari raya Idul Fitri, masyarkat Blora memanfaatkan untuk berkumpul bersama anggota keluarga dan sanak famili. Pada lebaran kali ini, meskipun masih ada namun  tak seperti lebaran pada umumnya.

 

Warga antri menunggu giliran berjabat tangan dengan Bupati dan Forkompimda Blora 2019

 

8. Reuni 

Momentum libur Lebaran banyak dimanafaatkan masyarakat untuk berkumpul dan mengadakan acara kumpul teman sekolah.

 

Papan pengumuman Reuni SMAN 1 Blora Yang terpampang di beberapa Lokasi di Kabupaten Blora.

 

9. Halal bi Halal

Tak seperti tahun-tahun sebelumnya dimana Idul Fitri selalu di manfaatkan untuk melakukan acara halal bihalal dengan gelaran Orkes musik, Pengajian atau kegiatan lainnya yang melibatkan banyak orang.

 

Pentas dangdut dalam rangka halal bi halal di Dusun Soronini Desa Sonokulon Kecamatan Todanan Kabupaten Blora

 

10. Mudik Bareng Pemkab

Pada Idul Fitri tahun 2019 Pemerintah Kabupaten Blora setidaknya menyediakan dua unit bus untuk untuk menjemput para pemudik dari kota-kota besar tetapi untuk tahun ini Pemerintah tidak menyediakan bahkan menghimbau agar masyarakat tidak melakukan mudik. 

 

Sejumlah 105 peserta mengikuti mudik gratis pemerintah kabupaten blora, minggu (10/06/2018)

 

(Tim creative Bloranews)

Subscribe

Terima kasih telah membaca berita kami, Isi Kotak di Bawah untuk berlangganan newslatter kami.

No Responses

Tinggalkan Balasan