fbpx

12 FAKTA KECAMATAN JATI

  • Bagikan
hutan jati bangkleayan
foto : Panorama hutan jati di desa Bangkleyan kecamatan Jati
hutan jati bangkleayan
foto : Panorama hutan jati di desa Bangkleyan kecamatan Jati

Kecamatan Jati secara geografis terletak di sebelah selatan kabupaten Blora. Secara umum kecamatan Jati terbagi atas dua wilayah, wilayah pertanian dan wilayah hutan. Dua wilayah ini menyumbangkan dua komoditas utama kecamatan Jati, hasil pertanian dan hasil hutan. Berikut ini 12 fakta kecamatan Jati yang berhasil dihimpun Bloranews.com.

  1. Desa Bangkleyan kecamatan Jati menghasilkan komoditas kayu jati berkualitas tinggi, desa ini berbatasan langsung dengan kabupaten Ngawi Provinsi Jawa Timur.
  2. Di desa Jegong, terdapat sumber air Blekuthuk. Menurut tradisi tutur masyarakat setempat, mata air Blekuthuk erat kaitannya dengan legenda Putri Segoro Gunung.
  3. Desa Doplang merupakan kawasan pusat pemerintahan di kecamatan Jati. Nama Doplang dipercaya berasal dari kerata basa (akronim) ora nduwe doyo – podo turu jepaplang. Akronim ini erat kaitannya dengan legenda Dampo Awang dari Rembang yang hendak melamar putri Segara Gunung.
  4. Di kecamatan jati, tepatnya di petak 141 BKPH Trembes RPH Padas KPH Randublatung terdapat semburan lumpur. Oleh masyarakat setempat, kawasan semburan lumpur ini dinamakan Oro-oro Kesongo.
  5. Oro-oro Kesongo erat kaitannya dengan legenda Jaka Linglung, putra dari Prabu Ajisaka yang berwujud ular raksasa.
  6. Kecamatan Jati terdiri atas 12 desa. Desa terluas adalah desa Gempol (36,58 kilometer persegi) sedangkan desa tersempit adalah desa Randulawang (5,60 kilometer persegi).
  7. Luas kecamatan Jati adalah 183,62 kilometer persegi dengan jumlah penduduk sebanyak 45.920 jiwa (2014).
  8. Kecamatan Jati berbatasan dengan kecamatan Kunduran dan Ngawen di sebelah utara. Di sebelah timur kecamatan Jati berbatasan dengan kecamatan Randublatung dan Kradenan.
  9. Di sebelah selatan kecamatan Jati berbatasan dengan kabupaten Ngawi provinsi Jawa Timur sedangkan di sebelah barat berbatasan dengan kabupaten Grobogan (Jawa Tengah) dan kabupaten Ngawi (Jawa Timur).
  10. Sebagian besar penduduk kecamatan Jati berprofesi sebagai petani, hasil pertanian kecamatan Jati meliputi Padi, Jagung, Kedelai, Ketela Pohon. Selain itu, kecamatan Jati juga menghasilkan buah-buahan seperti Mangga dan Pepaya.
  11. Sayur-sayuan yang dihasilkan kecamatan Jati adalah Kangkung, Bayam dan cabai.
  12. Di sektor perkebunan, kecamatan Jati menghasilkan tebu sedangkan di sektor peternakan kecamatan Jati menghasilkan Sapi dan unggas [.]

Editor : Sahal Mamur

Foto           : Tim Grafis Bloranews.com

*Dihimpun dari berbagai sumber.

BACA JUGA :

14 FAKTA TENTANG KECAMATAN RANDUBLATUNG

12 FAKTA KECAMATAN JATI

16 FAKTA KECAMATAN KEDUNGTUBAN

13 FAKTA KECAMATAN BANJAREJO

14 FAKTA KECAMATAN JAPAH

13 FAKTA KECAMATAN KRADENAN

11 FAKTA KECAMATAN JIKEN

11 FAKTA KECAMATAN BLORA

banner 120x500
  • Bagikan